KORANMANDALA.COM – Kepastian kabar tentang Bandar Udara (Bandara) Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati aktif melayani commercial flight alias penerbangan komersial, segera terbukti.

Jika tidak ada perubahan dan kendala, 29 Oktober 2023 menjadi momentum BIJB mengaktifkan commercial flight, yang selama ini, beroperasi di Bandara Husein Sastranegara.

Mengutip beberapa sumber, Maria Kristi Endah Murni, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), menegaskan, pemindahan aktivitas penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati tersebut khusu bagi pesawat ber-engine jet.

Meski demikian, jelasnya, pada 29 Oktober 2023, Bandara Husein Sastranegara masih mengaktifkan beberapa penerbangan, yang menggunakan pesawat bermesin baling-baling.

BACA JUGA: BIJB Kertajati Aktif Penuh Akhir Oktober, Moda Transportasi Menuju Bandara Sudah Siap

Ruenya pun, khusus wilayah Jawa. Umpamanya, Husein Sastranegara-Adi Sutjipto Yogyakarta yang dilayani Wings Air memakai pesawat jenis ATR72-600.

Kristi, sapaan akrabnya, menegaskan, BIJB Kertajati dan operator penerbangan sangat siap mengaktifkan commercial flight pada 29 Oktober 2023.

Kristi mengutarakan, beberapa maskapai commercial flight yang hadir di BIJB yakni Citilink, Indonesia AirAsia, Super Air Jet, Lion Air, dan Batik Air.

BACA JUGA: BIJB Kertajati Bakal Beroperasi Akhir Bulan Ini, Disparbud Pede Wisata Pantura Menggeliat

Agar BIJB lebih optimal, Kristi menegaskan, adanya kolaborasi dan sinergi dengan seluruh stake holder, termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar dan pemerintahan Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning) adalah keniscayaan.

Misalnya, jelas dia, ketersediaan transportasi yang terintegrasi, semisal shuttle bus, taxi, transportasi berbasis online dari dan ke BIJB.

Lalu, rute-rute penerbangan komersial mana saja yang aktif mulai 29 Oktober 2023 tersebut?

BACA JUGA: BIJB Kertajati Pintu Gerbang Utama Jawa Barat Pindah Rute Penerbangan, Siap Beroperasi 29 Oktober 2023

1. BIJB-Balikpapan

2. BIJB-Banjarmasin

3. BIJB-Batam

BACA JUGA: Garuda Siap Gunakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan: Bioavtur

4. BIJB-Denpasar

5. BIJB-Makassar

6. BIJB-Medan

BACA JUGA: Perkuat Bisnisnya, Pelita Air Tambah Armada, Jumlahnya Sebanyak Ini

7. BIJB-Palembang

8- BIJB-Kuala Lumpur.  (win)

Sumber:

Editor: Erwin Adriansyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version