BANDUNG, KORANMANDALA.COM –Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat bersama Kementerian Perhubungan RI saat ini tengah menyiapkan sebuah transportasi massal berbasis bus mirip TransJakarta untuk beroperasi di Bandung Raya.

Bus tersebut bakal dinamakan Bus Rapid Transit (BRT). Rencananya, transportasi umum itu ditargetkan beroperasi pada tahun 2025.

Analis Angkutan Darat Dishub Jabar, Teviani Wulansari mengatakan bahwa pihaknya bersama Kementerian Perhubungan masih mempersiapkan banyak hal dan berencana untuk mengadakan pilot protect BRT terlebih dahulu di tahun 2024.

“Saat ini kami masih menyiapkan segala sesuatunya, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan. Rencana akan ada pilot project BRT pada 2024,” ujarnya.

Bus Rapid Transit (BRT) disiapkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di berbagai jalur utama Bandung Raya. BRT juga akan menggunakan Jalur Khusus atau Dedicated Street sama seperti TransJakarta.

Sementara itu, untuk lintasannya sendiri, BRT akan mulai beroperasi dari perbatasan Cimahi-Bandung atau sekitar Elang menuju ke Terminal Cicaheum.

Kemudian ada juga beberapa kawasan yang dilalui bus ini seperti Ciroyom, Asia Afrika, Ahmad Yani, dan terakhir di Cicaheum.

Selain membuat jalur sendiri, BRT juga akan menyediakan halte khusus untuk para penumpang. Nantinya, seksi 1 dari Cimahi menuju Cicaheum akan ada 30 halte yang disiapkan.

Fahrul

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version