KORANMANDALA.COM – Peralihan penerbangan komersial dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati berlangsung pada 29 Oktober 2023. Saat ini, ada tujuh rute penerbangan domestik dan satu rute internasional yang beroperasi di BIJB Kertajati.

Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin memastikan persiapan penataan dan kegiatan pengalihan layanan penerbangan pada 29 Oktober 2023 sudah siap. Mengingat, bandara yang berdomisili di Majalengka ini sudah pernah beroperasi.

“Kesiapan untuk penataan dan kegiatan pengalihan operasi layanan penerbangan pada 29 Oktober 2023 ini sudah siap 100 persen,” kata  Awaluddin saat ditemui di Bandung pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Namun, sebelum BIJB Kertajati berjalan penuh, AP II akan melakukan shadow operation atau operasi bayangan. Pelaksanaan shadow operation ini meliputi pemastian lapangan seperti pembagian counter check in dan lain sebagainya.

Baca Juga: BIJB Kertajati Aktif Penuh Akhir Oktober, Moda Transportasi Menuju Bandara Sudah Siap

“Ini untuk familiarisasi dan pemastian di lapangan. Kami akan panggil sejumlah maskapai untuk contoh pembagian counter cek in dan lainnya,” tuturnya.

Awaluddin menambahkan, BIJB Kertajati mengaktifkan tiga maskapai, yakni Super Air Jet, Citylink, dan Air Asia. Sementara Air Asia menyediakan penerbangan domestik dan internasional.

“Tujuh rute domestik di antaranya, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Medan, Batam, dan Palembang. Sedangkan, penerbangan internasional dari dan ke Kuala Lumpur sebanyak dua kali dalam sepekan. Rute ini berpotensi bertambah untuk ke depannya,” kata dia menambahkan.

Baca Juga: BIJB Kertajati Bakal Beroperasi Akhir Bulan Ini, Disparbud Pede Wisata Pantura Menggeliat

Selain itu, imbuh Awaluddin, AP II akan mengubah wajah BIJB Kertajati dari pengaktifan sebelumnya. Perubahan itu berupa pemaksimalan pelayanan agar para penumpang mendapatkan kenyamanan saat datang dan terbang dari Kertajati.

“Kami akan mengatakan ‘terbang asik dari Kertajati’ jadi terbang harus keren dan nyaman. Biasanya di perjalan, orang mengalami setres, takut terlambat, takut bermasalah, dan segala macam. Dengan itu, kami ingin permudah apapun,” imbuhnya.

Tak hanya pelayanan untuk penumpang, AP II memberikan hal yang sama untuk para maskapai di BIJB Kertajati. AP II memberikan intensif berupa pembebasan parking fee dan landing fee.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version