KORANMANDALA.COM – Penerbangan komersial dengan pesawat jet segera dipindahkan secara serentak ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dari Bandara Husein Sastranegara pada 29 Oktober 2023.

Praktis, Bandara Husein Sastranegara tidak melayani penerbangan komersial menggunakan pesawat jet lagi setelah 29 Oktober 2023.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara, Indra Crisna Sepurta memastikan bandara yang berdomisili di Jalan Pajajaran Dalam, Kota Bandung ini masih beroperasi.

Namun, Bandara Husein Sastranegara hanya melayani penerbangan menggunakan pesawat propeller atau baling-baling.

Baca Juga: BIJB Memang Seksi, Banyak Investor Mancanegara Ingin Berinvestasi Kata Menhub

“Setelah tanggal 29 Oktober 2023, Husein Sastranegara masih melayani penerbangan (menggunakan pesawat) propeller,” ujar Indra pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Sejauh ini, baru ada satu maskapai yang sudah mengajukan Komandan Lanud Husein Sastranegara. Maskapai itu adalah Wings Air dengan rute Bandung-Yogyakarta.

“Wings Air yang sudah mengajukan izin rutenya kepada Dan Lanud. Kami juga sudah mengajukan kepada direktur angkutan udara. Jadi di tanggal 29 itu, only pesawat Wings Air, destinasi Jogja,” ucapnya.

Baca Juga: Aktivasi BIJB Segera Bergulir, Peluang Investasi di Cirebon Kian Terbuka

Dia mengatakan, pesawat propeller itu bakal melayani penerbangan setiap hari di pukul 07.00 WIB. Indra menargetkan 80 persen keterisian dalam sekali penerbangan.

“Ya, kalau demand 100 persennya sekitar 70 orang. Jadi kami harapkan, 80 persen, ya masih sekitar 60 itu masih. Kami harapkan masih ada target di situ,” kata dia.

Selain itu, pihaknya akan berinovasi untuk meramaikan aktivitas di Bandara Husein Sastranegara. Sehingga, bandara kebanggaan masyarakat Kota Bandung ini tetap hidup meski pun aktivitas penerbangan berkurang.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version