KORANMANDALA.COM – Dolar AS memiliki terlalu banyak kekuatan sebagai mata uang cadangan.

Pernyataan ini datang dari Direktur Eksekutif Bank Kotak Mahindra Uday Kotak.

Miliarder ini kemudian menyebutkan dunia sangat membutuhkan alternatif.

Bankir tersebut menggambarkan dolar sebagai “teroris keuangan terbesar di dunia” saat berbicara di Penghargaan Economic Times untuk Perusahaan Unggulan 2023.

Karena sebagian besar aset global disimpan dalam dolar dalam apa yang disebut rekening nostro dengan bank AS, mereka sepenuhnya bergantung pada keputusan yang dibuat oleh bankir dan otoritas Amerika, jelasnya.

“Seseorang di AS dapat berkata ’Anda tidak dapat menarik uang ini mulai besok pagi dan anda mandek.’ Itulah kekuatan mata uang cadangan,” ujar Uday Kotak pada Jumat (28/4/2023) seperti dikutip dari RT.

Situasi ini membuat dunia putus asa mencari mata uang cadangan alternatif.

Lalu dia menyarankan India harus mengambil kesempatan untuk membuat mata uangnya sendiri, rupee, sebagai cadangan.

“Ini adalah waktu kita untuk mencobanya yang mungkin akan memakan waktu 10 tahun,” lanjutnya.

India harus mendapatkan kepercayaan dari pemain global lainnya dengan membangun lembaga keuangan dan kerangka kerja yang kuat guna mencapai tujuan ini dengan tidak bergantung pada keinginan siapa pun.

Uday Kotak menambahkan dia tidak melihat saingan kuat lainnya untuk peran tersebut.

“Saya kira Eropa tidak bisa menjadikan mata uang mereka sebagai cadangan karena negaranya terpecah belah. Saya tidak berpikir Inggris atau Jepang memiliki bobot untuk mengambil posisi itu meskipun pound dan yen adalah mata uang bebas. Tiongkok menurut saya memiliki masalah kepercayaan yang besar dengan banyak negara di dunia,” terangnya.

Uday Kotak dalam cuitan pada Sabtu mencoba mengklarifikasi lebih lanjut komentarnya tentang dolar AS.

Dia mengacu pada kekuatan yang meluap-luap yang dimiliki mata uang cadangan. Status ini memberi mata uang tersebut kemampuan untuk mengontrol transaksi global yang mengarah ke situasi di mana negara lain dapat menjadi tergantung padanya.

Dia menuliskan,“Dalam diskusi baru-baru ini tentang dolar AS, saya secara tidak sengaja menggunakan kata ‘teroris finansial’ yang ingin saya koreksi.”

“Yang saya maksudkan adalah mata uang cadangan memiliki kekuatan yang tidak proporsional. Apakah itu akun nostro, kenaikan suku bunga 500 basis poin, atau negara berkembang yang memegang dolar untuk likuiditas,” pungkas Uday Kotak.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version