KORANMANDALA.COM – Pascalebaran Idulfitri 1444 H harga daging ayam potong di Pasar Sederhana, Kota Bandung masih relatif tinggi walaupun saat ini sudah berangsur turun.

Pedagang daging ayam potong di Pasar Sederhana, Riki (37) mengatakan, harga daging ayam setelah lebaran mencapai Rp40 ribu per kilogram. Namun, sejak Senin, 1 Mei 2023, kemarin, harganya sudah mulai turun menjadi Rp34 ribu per kilogram.

“Kan karena peminat berkurang terus ayam masih pada kosong. Jadi harga masih tetap, setelah lebaran biasanya seperti itu,” kata Riki saat ditemui di Pasar Sederhana, Kota Bandung, Kamis, 4 Mei 2023.

Sementara itu, Pedagang sayur di Pasar Sederhana, Rohana (58) mengungkapkan, beberapa komoditas sayuran yang ia jual juga sudah mengalami penurunan harga sejak satu pekan pascalebaran.

Baca juga: Nikita Mirzani Ungkap Penyebab Pertengkaran Hebat dengan Antonio Dedola: Uang di Rekeningya Cuma…

“Awal setelah lebaran mahal tapi sekarang sudah biasa. Turunnya harga ini sekitar satu pekan yang lalu,” ungkap Rohana.

Ketika lebaran, imbuh Rohana, harga cabai tanjung sempat mencapai Rp100 hingga 120 ribu per kilogram tapi saat ini mengalami penurunan menjadi Rp60 per kilogram. Sedangkan, harga cabai rawit saat ini berada di Rp25 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

“Sekarang mah udah biasa, ngga ramai-ramai (pembeli),” ucapnya.

Baca juga: Untuk Para Orang Tua, Hindari Perkataan Ini di Depan Anak

Diwartakan sebelumnya, Direktur Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jabar, Kombes Deni Oktaviani mengatakan, ada penurunan harga bahan pokok di Pasar Kosambi, Kota Bandung. Kemudian, ketersediaan bahan pokok juga aman, jadi tidak ada yang mengalami kelangkaan.

“Berangsur turun, beras, cabe, sayuran, bawang, minyak goreng, daging juga stabil. Sejauh ini di Kota Bandung cukup stabil, ketersediaan pangan cukup baik,” ucapnya.

Kendati bahan pokok dalam kondisi stabil dan tidak ada yang mengalami kelangkaan, harga ayam potong relatif tinggi dibanding sebelum Idulfitri. Namun, harganya mengalami penurunan dan masih di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

Baca juga: Hari Ini, Emas Antam dan UBS Pegadaian Alami Lonjakan Harga

“Sebelum lebaran itu di Rp42 ribu per kilogram, sekarang di angka Rp37 sampai 38 ribu per kilogram. Jadi ada kenaikan sedikit di ayam, tapi tapi masih di ambang batas normal,” kata Deni di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rabu, 3 Mei 2023, kemarin.

Dengan begitu, pihaknya akan memonitor rantai distribusi ayam potong. Sehingga, pihaknya tahu apa yang menjadi penyebab tingginya harga ayam potong.

“Nanti kita cek mata rantai apa karena baru beres lebaran, atau karena hal lain, ini kita komunikasikan dan kerjakan bersama satgas,” lanjutnya.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version