KORANMANDALA.COM – Mantan eksekutif perusahaan kartu kredit menduduki kepala baru Bank Dunia.

Ajay Banga lahir di India dan mendapat naturalisasi sebagai warga Amerika Serikat.

Dia dinominasikan Joe Biden untuk memimpin lembaga tersebut dan Direktur Eksekutif Bank Dunia memilihnya pada Rabu (3/5/2023).

“Ajay Banga akan menjadi pemimpin transformatif, membawa keahlian, pengalaman, dan inovasi ke posisi presiden Bank Dunia,” ungkap Joe Biden.

“Dan bersama dengan kepemimpinan dan pemegang saham Bank Dunia, dia akan membantu mengarahkan lembaga tersebut saat tumbuh dan berkembang untuk mengatasi tantangan global yang secara langsung memengaruhi misi utamanya untuk pengentasan kemiskinan termasuk perubahan iklim.”

Presiden Bank Dunia saat ini, David Malpass, mengundurkan diri pada bulan Februari lalu di tengah seruan pemecatannya.

Hal ini diakibatkan pernyataan David Malpass yang tampaknya meremehkan peran aksi manusia dan bahan bakar fosil dalam menciptakan perubahan iklim.

David Malpass akan mundur pada bulan Juni mendatang, dengan sisa waktu kurang dari satu tahun dalam masa jabatan lima tahunnya.

Dewan Bank Dunia dalam pernyataannya menyebutkan mereka berharap dapat bekerja sama dengan Ajay Banga yang merupakan mantan CEO Mastercard,”pada semua ambisi dan upaya Grup Bank Dunia untuk mengatasi tantangan pembangunan terberat yang dihadapi negara-negara berkembang.(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version