KORANMANDALA.COM-Maret 2023 menjadi periode akhir tahap 1 untuk Bantuan Sosial dari Kementrian Sosial seperti PKH dan BPNT.

Selain 2 bansos itu, ternyata ada Bantuan sosial lain yang akan cair bulan ini.

Dikutip dari YouTube DIARY BANSOS, akan ada 4 Bantuan Sosial yang cair pada bulan ini. Dari hasil rangkuman Bantuan Sosial yang akan cair bulan ini sebagai berikut.

1. Bantuan Sosial PBI (KIS gratis)

Bantuan Sosial PBI merupakan bagian jaminan kesehatan untuk mendapatkan manfaat pemeliharaan kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar pemerintah.

Penerima Bantuan Sosial KIS PBI ini berdasarkan Permensos Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 76 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2012 Tentang Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan.

Penerima Bantuan Sosial ini dikhususkan untuk orang tidak mampu, fakir miskin, dan harus terdaftar di DTKS.

2. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, besaran yang didapat dari BLT ini yang diterima Keluarga Penerima Manfaat sebesar Rp.300 ribu.

Awalnya, landasan pencairan BLT ini karena dampak pandemi Covid-19, tetapi sekarang sudah bukan berdasarkan landasan itu lagi. Sekarang BLT ini dikhususkan pada penuntasan kemiskinan ekstrem. Kriteria untuk menjadi penerima bantuan ini bukan lagi kriteria keluarga miskin namun tergolong makin esktrem.

Penyaluran bantuan ini diserahkan kepada perangkat desa dengan ketentuan maksimal dialokasikan 25% dari anggaran desa.

3. PKH tahap 1 2023

Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan tahun 2023 tetap dilanjutkan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat dengan total anggaran mencapai Rp.30 triliun.
Untuk Keluarga Penerima Manfaat reguler mendapatkan bantuan dengan nominal Rp.1.890.000, apabila didalam Keluarga Penerima Manfaat ada ibu hamil, anak balita, anak sekolah, dan pra sekolah. Sedangkan untuk Keluarga Penerima Manfaat yang memiliki komponen lanjut usia dan penyandang disabilitas mendapatkan Rp.2.000.000

Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak, bisa dilakukan pengecekan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukan NIK KTP.

4. BPNT

Bantuan ini disalurkan untuk 9 juta peserta Program Sembako (BNPT) yang tidak menerima Program Keluarga Harapan. Bantuan yang diberikan sebesar Rp.500 ribu/KPM dalam sekali penyaluran. Bantuan sosial ini akan disalurkan melalui Bank Himbara dan Kantor Pos, khususnya bagi para Keluarga Penerima Manfaat yang sudah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).(*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version