KORANMANDALA.COM – Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan. Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Administrasi Pembangunan, melaksanakan Focus Grup Discussion (FGD) dengan Tema “Menghadirkan Cinta Untuk Membangun Kemandirian Pertanian Kabupaten Kuningan”, yang dilaksanakan di Aula Wisma Permata, Kamis 16 Mei 2024.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kuningan Dr. Jumhari, mengatakan ,melalui kegiatan ini diharapkan ada langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu, Sekda Kuningan Dian Rachmat Yanuar, menyampaikan kegiatan ini sangat penting dalam membangun kemandirian daerah dalam sektor pertanian.

“Dengan posisi Geografis Kabupaten Kuningan yang terbagi dua, yaitu dengan dataran tinggi di bagian utara dan barat, dataran rendah di bagian timur dan selatan, hal ini merupakan pontensi baik potensi pertanian tanaman dataran tinggi maupun dataran rendah”, ungkapnya.

Sekda Dian mengajak untuk mengkaji untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada untuk dijawab melalui program-program strategis di bidang pertanian. Karena sektor pertanian ini kalau dikelola dengan baik dan benar akan dapat meningkatkan penghidupan para petani dan masyarakat pada umumnya.

“Saya merasa prihatin sekarang ini sedikit sekali generasi muda yang memiliki minat untuk bergelut di bidang pertanian, padahal di Kabupaten Kuningan ini kaya akan potensi pertanian,” kata dia.

“Melalui FGD ini diharapkan dapat menghasilkan alat kebijakan dan strategi yang menciptakan situasi kebatinan bagi masyarakat agar memiliki rasa cinta terhadap Kuningan dengan membangun pertanian yang baik,” kata Sekda Dian.

Pesan Sekda Dian, sebagus apapun program yang akan dibuat sulit akan berhasil ketika dilakukan tanpa dengan kolaborasi, oleh karena itu libatkanlah seluruh stakeholder terkait agar program program yang dibuat dapat berjalan dengan sukses. (wawan jr) ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version