KORANMANDALA.COM – Beberapa pekan menjelang Idul Adha, harga sejumlah bahan pokok di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mengalami penurunan dari bulan April 2024 lalu.

Bahan pokok yang mengalami penurunan tersebut antara lain beras, daging sapi, bawang merah, daging ayam broiler dan sayuran.

Demikian informasi diterima KoranMandala.com dari sejumlah pedagang di Ciamis, Jumat 17 Mei 2024 melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang mendampingi Pj Bupati H Engkus Sutisna melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar.

Adapun pasar yang jadi sasaran sidak Pj Bupati Ciamis tersebut antara lain Pasar Sindangkasih, Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) Tani Berkah Sindangkasih dan Rumah Potong Ayam (RPA) Jabalnur Cihaurbeuti.

Hasil dari sidak dan dialog antara Pj Bupati dengan TPID tersebut diketahui bahwa sejumlah bahan pokok, hingga minggu kedua Mei 2024 seperti beras, minyak, telur, daging sapi ayam broiler dan yang lainnya mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan April.

Beras medium misalnya, saat ini berkisar rata-rata harga terendah /Kg di angka Rp. 13.500, daging sapi Rp. 140.000, bawang merah Rp. 32.000 daging ayam broiler Rp. 40.000.

Sementara untuk sayuran pada saat ini mengalami kenaikan di beberapa jenis seperti Kubis yang mengalami kenaikan 100% yang tadinya Rp. 8.000,. menginjak di angka Rp. 16.000,.

Melihat fakta tersebut, PJ Bupati Ciamis berpendapat bahwa kondisi ketersedian bahan pokok dan harganya masih relatif cukup aman dibandingkan dengan harga bahan pokok di Kabupaten Ciamis beberapa bulan sebelumnya.

“Mudah-mudahan harga-harga ini dapat tetap bertahan sampai dengan nanti menjelang Lebaran Idul Adha,” ujarnya.

“Mengingat daya beli masyarakat kan tergantung dengan harga-harga yang ada,” imbuhnya.

Menurut informasi, sidak tersebut dilakukan guna mengecek ketersediaan dan pola penyimpanan daging ayam dalam upaya mengendalikan inflasi khusus harga daging ayam di Ciamis.

Dengan penyimpanan yang baik maka ketersedian daging ayam senantiasa dalam kondisi cukup sehingga harga bisa dikendalikan. (gia)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version