KORANMANDALA.COMKADIN Jabar mendukung upaya Pemprov Jawa Barat yang menargetkan kunjungan wisatawan domestik pada tahun 2024 sebanyak 100 juta orang. Sementara kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1 juta orang.

Dalam acara dialog Kadin dan Asosiasi Pariwisata dengan Sekda Jabar Herman Suryatman di Kantor Budpar Jabar, Jalan RE Martadinata, Bandung, Sabtu (8/6), Kadin Jabar diwakil Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata Heerrie Hermanie Soewarna.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat Herman Suryatman mengatakan target kunjungan wisatawan tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yakni 85 juta orang wisatawan domestik dan mancanegara 740 ribu orang.

Wakil Ketua Bidang Pariwisata Kadin Jabar, Heerrie Hermanie Soewarna mengatakan untuk mendukung target tersebut Kadin Jabar akan berperan aktif dalam upaya mendukung rencana Pemprov Jabar itu.

BACA JUGA: Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Garut Dukung Penuh Pelaku Seni

Di luar itu, Herrie mengusulkan bahwa Jawa Barat membutuhkan WestJava Convention & Exhibition Park yang memadai. Sejauh ini, Jawa Barat belum memiliki arena seperti yang sudah dimiliki daerah lain. Padahal, hal itu sangat penting bagi Jawa Barat yang memiliki potensi besar dalam upaya mengembangkan dunia pariwisata.

Dialog yang berlangsung sangat cair itu juga menghasilkan beberapa point penting antara lain Sekda Jabar meminta disiapkan Pra Proposal Pembangunan West Java Covention & Exhibition Hall yang akan dipresentasikan kepada PJ Gubernur Jabar pada hari Rabu, pekan depan di Gedung Pakuan.

“Pak Sekda ingin mendorong hal tsb masuk dalam agenda TAPD Jabar,” kata Herrie.

Herrie melanjutkan, untuk mewujudkan rencana tersebut perlu dibentuk Tim Kerja Persiapan. Tim ini didalamnya melibatkan pihak terkait di Pemda Jabar, Kadin, Asosiasi, Praktisi dan pihak yang ahli dalam bidangnya.

Nantinya, lanjut Herrie pemerintah diharapakan dapat menyediakan modal berupa Lahan yang cukup sesuai dengan luas serta lokasi yang strategis.

BACA JUGA: Kalahkan Belgia Selandia Baru dan Turki, Indonesia Berada di Nomor 22 Pariwisata Dunia

Upaya Pendanaan untuk pembangunan West Java Covention & Exhibition Hall ditargetkan melalui Kerjasama dengan investor dan perbankan.

Sementara itu, menurut Herrie, anggaran untuk pembuatan Studi awal Kelayakan Proyek Pembangunan West Java Convention & Exhibition Park diharapkan bisa melalui TAPD.

OPTIMIS TERCAPAI

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jawa Barat Herman Suryatman mengungkapkan, target 100 juta pengunjung optimis akan tercapai.

Kuncinya adalah kolaborasi Pentahelix, salah satunya dengan pelaku jasa pariwisata. “Saya yakin target itu bisa, asal kita bekerja, kolaborasi, sabilulungan,” ucap Herman.

Optimisme tersebut didorong dengan penguatan regulasi sektor pariwisata, peningkatan fasilitas hingga kemudahan akses ke destinasi wisata.

Herman menuturkan, pariwisata merupakan salah satu sektor strategis pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi. Oleh sebab itu, Pemda Provinsi Jabar menaruh perhatian tinggi terhadap pembangunan pariwisata.

Sumber:

Editor: Tatang Suherman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version