KORANMANDALA.COM – Ilustrasi yang menampilkan kehancuran mengundang kontroversi.

Momen kehancuran depot minyak di kota Sevastopol Ukraina yang diduduki Rusia di Krimea diluapkan dalam gambar mirip Dewi Kali.

Gambar tersebut dalam pose rok terangkat yang mengingatkan pada aktris Hollywood Marilyn Monroe dengan judul “Karya Seni”.

Namun cuitan tersebut memicu kemarahan di kalangan netizen sehingga dihapus.

The Hindustan Times melaporkan tampilan gambar tersebut dibagikan secara luas di media sosial sebelum dihapus dengan banyak yang menandai Menteri Luar Negeri India Subrahmanyam Jaishankar. Netizen menuntutnya agar pihak Ukraina meminta maaf.

Propagandis Rusia banyak membahas gambar itu.

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Ukraina Emine Dzhaparova meminta maaf pada 1 Mei atas unggahan tersebut. Dia mengatakan Ukraina menghargai dukungan India.

“Kami menyesalkan Kementerian Pertahanan Ukraina yang menggambarkan Dewi Hindu Kali dengan cara yang menyimpang,” cuitnya seperti dikutip dari The New Voice of Ukraine.

“Ukraina dan rakyatnya menghormati budaya India yang unik dan sangat menghargai dukungan India. Ilustrasi tersebut telah dihapus.”

“Ukraina bertekad untuk lebih meningkatkan kerja sama dalam semangat saling menghormati dan persahabatan,” tambahnya.

Emine Dzhaparova mengunjungi ibu kota India, New Delhi, selama dua hari pada awal April. Dia mengundang India untuk bergabung dengan formula perdamaian dan inisiatif biji-bijian dari Ukraina.

Dia juga mengumumkan pada saat itu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ingin mengadakan pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri India Narendra Modi. ***

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version