KORANMANDALA.COM – Antariksa Akhmadi, mahasiswa S2 jurusan ilmu perpustakaan dan informasi di University of Maryland, mengaku tidak terlalu sulit untuk mencari makanan halal di sekitar tempat tinggalnya.

Menurutnya, warga di negara bagian Maryland cukup beragam, sehingga memudahkannya dalam mencari makanan halal, khususnya di restoran.

“Kalau kita jalan aja tuh biasanya ada yang halal. Tapi kalau di state yang lain, mungkin yang lebih sedikit penduduknya, itu mungkin agak lebih menantang. Lebih susah nyari toko atau restoran halal,” kata Antariksa kepada VOA.

“Waktu minggu lalu ke Utah, memang kalau mau nyari restoran halal harus googling dulu atau nyari di google maps misalnya,” tambahnya.

Hal ini diakui oleh Halim Miftahul Khoiri, mahasiswa S3 jurusan studi kajian Islam dan Arab di Georgetown University di Washington, D.C. Ia mengatakan, kini berburu makanan halal sudah tidak sesulit dulu, karena masyarakat muslim sudah berkembang di Amerika. Beragam restoran halal pun tersedia di lingkungan kampusnya.

“Banyak sekarang restoran-restoran itu yang mulai memberikan label halal gitu,” cerita Halim saat ditemui VOA.

Supermarket Halal

Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan, Halim menyempatkan diri untuk pergi ke supermarket halal yang berlokasi sekitar 20 menit dari tempat tinggalnya. Ia ingin membeli bahan makanan untuk salah satu makanan favoritnya, yaitu sop ayam.

“Walaupun sop ayam Indonesia, tapi saya masih bisa menemukan beberapa bumbunya di toko ini. Sekalian mungkin nanti (membeli) ayam jika perlu dan hal-hal lainnya,” kata mahasiswa yang berasal dari Tulungagung ini.

Baca juga: Kate Middleton Akui Idap Kanker: Jangan Kehilangan Harapan

Selain bisa membeli daging halal dan bahan makanan untuk kebutuhan bulan Ramadan, biasanya ini adalah kesempatannya untuk mencari bumbu-bumbu makanan khas Timur Tengah dengan harga yang terjangkau.

“Karena saya sudah lumayan lama di Amerika, jadi selera makan saya kadang-kadang pengin makanan Indonesia tapi kadang juga pengin explore bikin nasi Biryani, jadi kalau di sini bisa nemuin bumbu Biryani. Jadi aku enggak perlu bikin dari awal. Itu yang memudahkan kalau ke sini,” kata lulusan S2 jurusan kajian Islam dari George Washington University, di Washington, D.C. ini.

Nadim Azimi pemilik halal depot di Virginia AS

Supermarket halal yang Halim kunjungi adalah Halal Depot yang beroperasi sejak Januari 2024 di Falls Church, Virginia, milik Nadim Azimi. Halal Depot menjual daging halal segar yang disembelih dengan tangan, dari peternakan lokal, juga produk bahan makanan segar dan organik.

Untuk bulan Ramadan, supermarket ini juga menawarkan promosi khusus untuk para pelanggannya.

1 2
Sumber: VOA

Editor: Iwan Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version