KORANMANDALA.COM – Pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima ditemukan setelah terjatuh di kawasan hutan Chikangawa, Malawi. Kantor Presiden Malawi mengumumkan pada Selasa (11/6) pagi hari waktu setempat bahwa seluruh penumpang pesawat nahas tersebut dinyatakan tewas.

Pesawat militer yang membawa Chilima hilang kontak pada Senin (10/6) pagi hari. Selain ditumpangi Chilima, pesawat tersebut juga ditumpangi sembilan penumpang lain termasuk eks Ibu Negara Shanil Dzimbiri.

Dilansir dari CBS News, Chilima dan penumpang lainnya sedang berada dalam perjalanan menuju pemakaman seorang mantan jaksa agung saat pesawat tersebut menghilang dari radar. Pesawat tersebut gagal mendarat di bandara Kota Mzuzu karena cuaca buruk.

Presiden Malawi Lazarus Chakwera telah menetapkan hari Selasa sebagai hari berkabung nasional.

Ditemukan setelah Prose Pencarian Intensif

Bangkai pesawat yang ditumpangi Chilima ditemukan usai militer Malawi melakukan proses pencarian intensif. Pasalnya, lokasi terakhir pesawat terebut berada di area hutan di tengah-tengah pegunungan Viphya.

“Saya memberikan perintah tegas bahwa operasi [pencarian] harus dilanjutkan sampai pesawat ditemukan,” ujar Presiden Chakwera pada hari Senin, dilansir dari Associated Press.

Chilima yang terpilih sebagai wakil presiden pada 2020 merupakan salah satu kandidat potensial untuk pemilihan presiden yang akan digelar tahun depan. Ia merupakan tokoh yang populer di Malawi, terutama di kalangan pemuda.

Akan tetapi, Chilima sempat ditahan dan didakwa atas tuduhan penyuapan pada tahun 2022. Dakwaan ini dibatalkan oleh kejaksaan bulan lalu tanpa memberikan alasan.

Sumber:

Editor: Revin Alsidais

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version