KORANMANDALA – Kopi sangat dinikmati para pecintanya baik pria maupun wanita. Namun, teruntuk para wanita yang sedang hamil apakah mengonsumsi kafein diperbolehkan?

Dalam hal ini, Anda dapat bertanya kepada dokter tentang mengonsumsi kafein di saat hamil. Biasanya diperbolehkan minum 1 atau 2 cangkur kopi, tapi sebaiknya jangan minum lebih dari itu.

Sebab, agaknya sulit untuk mengetahui secara pasti berapa banyak kafein dalam secangkir kopi. Jumlah tersebut bisa bergantung pada beberapa hal seperti merek, cara penyiapan, hingga ukuran cangkirnya.

Melansir dari Kids Health, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 200 miligram kafein sehari selama kehamilan merupakan hal yang tidak sehat.

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Selalu Cuci Tangan? Berikut Penjelasan serta Waku Terbaik untuk Melakukannya

Seorang wanita hamil yang minum bayak kafein maka akan berisiko akan terjadinya keguguran, berat badan lahir rendah, dan kemungkinan masalah kehamilan lainnya.

Bagi Anda ibu hamil yang kesulitan menghentikan kopi, berikut ini Koran Mandala telah mengutip dari Kids Sehat yang meliputi:

– Batasi minum kopi Anda hingga 1 atau 2 cangkir sehari dan perhatikan ukuran cangkirnya

– Mulailah mencampurkan kopi tanpa kafein dengan kopi biasa

Baca Juga: Selain Melatih Kelincahan, Manfaat Lain Lari Zig Zag Apa Lagi, Ya?

– Pada waktunya, hentikan penggunaan kopi biasa

Di samping itu, Anda juga perlu mengingat bahwa kafein tidak hanya ada pada kopi, melainkan minuman ringan lainnya ataupun cola juga mengandungnya.

Anda dianjurkan beralih ke produk tanpa kafein atau yang mungkin masih mengandung sedikit kafein, tetapi dalam jumlah yang jauh lebih kecil.

Demikian ulasan mengenai wanita yang mengonsumsi kopi atau kafein di saat hamil. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version