KORANMANDALA.COM – Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa orang yang sering berkeringat, rutin memakai makeup, atau bahkan sering beraktivitas di luar ruangan wajib untuk mencuci mukanya.

Namun, apakah Anda pernah mendengar bahwa menggunakan sabun dengan bahan tertentu dapat merusak kulit wajah? Ya, hal inilah yang menjadi anjuran mencuci muka tanpa sabun.

Sabun memang dinilai mampu menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan membuang minyak dan kotoran yang ada pada kulit wajah.

Tapi, penggunaan sabun pada kulit wajah secara rutin juga akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan kulit seseorang.

Baca Juga: Hati-Hati! 8 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Terlihat 10 Tahun Lebih Tua, Menurut dr Saddam Ismail

Hal ini karena mencuci muka dengan sabun akan menyingkirkan kotoran sekaligus dengan minyak alami pada wajah (sebum) dan bakteri secara alamiah hidup pada kulit.

Untuk itu, jika Anda ingin mencuci muka, sangat dianjurkan dengan mencucinya tanpa sabun. Adapun satu di antara manfaatnya yakni membuat kulit wajah tetap lembab.

Walaupun kulit wajah seseorang memiliki minyak yang berlebih, tidak seharusnya menggunakan cuci muka berbahan sabun saat mencuci muka.

Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Alami Mencerahkan Leher yang Menghitam Tanpa Skincare dengan Caranya

Menggunakan sabun secara berlebihan justru dapat mengangkat minyak alami wajah hingga habis, bahkan membuat wajah terasa kencang dan kering.

Coba sesekali menggunakan air dingin tanpa menggunakan sabun untuk mencuci muka.

Air yang mengalir ternyata mampu membuang sebagian besar kotoran dan tidak membuang minyak alami yang ada pada kulit.

Baca Juga: 5 Minuman Alternatif Selain Kopi yang Bikin Mata Melek dan Tetap Fokus

Sehingga, kulit wajah akan tetap terasa lembab karena minyak alami pada kulit wajah tidak terangkat hingga habis. (roy/del)

Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version