KORANMANDALA.COM – Gejala infeksi ginjal biasanya meliputi sering buang air kecil, urin berwarna merah, disertai nyeri punggung, hingga demam dan muntah.

Kali ini dr Saddam Ismail mengungkap gejala infeksi ginjal yang dapat Anda waspadai sebelum kronis yang dapat menyebabkan kematian.

Dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail, berikut gejala infeksi ginjal yang perlu Anda waspadai, sebagai berikut.

1. Sering Buang Air Kecil

Baca juga: Ameena Jatuh hingga Mimisan, Ini Penyebabnya Kata Aurel Hermansyah

Satu diantara gejala paling umum terkena infeksi ginjal, yaitu sering buang air kecil lebih sering dari biasanya, hal ini menandai adanya iritasi.

2. Urine Warna Merah

Infeksi ginjal menyebabkan urine berubah menjadi warna kemerahan hingga berdarah. Hal ini disebabkan kebocoran darah melalui ginjal.

Baca juga: Bruntusan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

3. Nyeri Punggung

Infeksi ginjal dapat menyebabkan nyeri atau tidak nyaman pada area punggung, rasanya seperti tumpul dan tajam di atas pinggang.

4. Sakit Buang Urine

Baca juga: Terlahir dari Keluarga Kaya Raya, Surya Insomnia Kaget, Sang Istri Baru Tahu Cilok

Saat buang air kecil, Anda akan merasakan sensasi tidak nyaman atau perih saat mengeluarkan urine karena adanya iritasi pada saluran kemih.

5. Urine Keruh dan Bau

Sementara urine yang dikeluarkan terlihat keruh dan memiliki bau yang tidak sedap. Hal ini ditandai adanya zat berbahaya atau bakteri dalam urine.

6. Demam

Penderita infeksi ginjal tingkat kronis akan mengalami demam dan menggigil karena peningkatan suhu tubuh secara drastis.

7. Mual dan Muntah

Selain demam, penderita infeksi ginjal juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan yang mengakibatkan mual dan muntah secara alami.

8. Lesu

Terakhir, lesu karena tubuh mengeluarkan banyak cairan sehingga dapat menyebabkan dehidrasi seri us.

Demikian, 8 gejala infeksi ginjal yang perlu Anda waspadai sebagaimana dijelaskan oleh dr Saddam Ismail. (ana/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version