KORANMANDALA.COM – Jika Anda mengalami tanda-tanda yang disebutkan di bawah ini, sebaiknya waspada, bisa jadi gejala gangguan hati atau liver.

Gejala paling umum penyakit gangguan hati atau liver, ditandai dengan penyakit kuning, mulai dari kulit, mata, hingga kuku berwarna kuning.

Kali ini, dr Saddam Ismail menjelaskan penuh gejala penyakit gangguan hati atau liver, sebagai berikut.

Dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail, berikut gejala gangguan hati atau liver yang sebaiknya Anda waspadai.

Baca Juga: Seing Sakit Perut? Yuk, Kenali Beberapa Penyebab Kondisi Ini, Apa Saja Poinnya?

1. Penyakit Kuning

Jaundice, gejala paling umum mengetahui adanya penyakit gangguan hati atau liver. Hal ini disebabkan oleh peningkatan bilirubin dalam darah.

Sehingga, terjadi penyumbatan pada hati atau kantung empedu, mengakibatkan kulit, mata, hingga kuku berubah warna menjadi kuning.

2. Nyeri Bagian Atas Perut

Nyeri bagian atas perut menjadi tanda Anda terjangkit penyakit gangguan hati atau liver disebabkan peradangan, infeksi, dan kanker hati.

Baca Juga:Amankah Konsumsi Obat Bersamaan dengan Minum Kopi? Begini Kata dr. Saddam Ismail

3. Kelelahan yang Berlebihan

Lelah tidak wajar yang terus menerus menjadi indikasi bahwa hati Anda sedang mengalami masalah penyakit.

4. Perut Bengkak

Jika perut terlihat buncit atau bengkak, bisa jadi Anda mengidap penyakit liver, hal ini disebabkan penumpukan cairan di rongga perut.

5. Perubahan Warna Urine

Warna urine yang terlihat lebih gelap atau cokelat bisa ditandai dengan adanya masalah pada hati. Hal ini disebabkan peningkatan bilirubi dalam urine.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version