KORANMANDALA.COM – Diabetes melitus adalah kondisi penyakit yang menyerang metabolisme tubuh yang ditandai dengan tingginya kadar gula.

Satu diantara upaya menurunkan kadar gula, yaitu dengan pola makan yang sehat dan teratur.

Berikut rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus.

Dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail, berikut makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus;

Baca juga: Denise Chariesta Geram Dituding Netizen Hamil Palsu dan Pakai Perut Karet: Bingung Banget

1. Ikan

Ikan memiliki kandungan lemak sehat, menjaga kadar lemak darah menjadi stabil, contohnya salmon, tuna, dan kembung.

2. Gandum Utuh

Baca juga: Cipung Dirawat, Akun Instagram Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Dibanjiri Doa, Netizen: Emang Bole Lagi Sakit Sekeren Ini?

Gandum utuh memiliki kandungan kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bagus dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus.

3. Jagung

Jagung bisa menjadi pengganti karbohidrat, dengan sifatnya yang rendah glikemik cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes melitus.

Baca juga: Pratama Arhan Pamer Kemesraan Bareng Azizah Salsha, Komentar Fuji dan Asnawi Mangkualam Diserbu Netizen 

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, merah, tanah memiliki kandungan kaya akan serat dan nutrisi, membantu untuk penuhi kebutuhan nutrisi.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar memiliki kadar indeks glikemik rendah dibanding kentang, sehingga makanan ini bisa menjadi alternatif yang baik sebagai pengganti nasi.

6. Sayuran Hijau

Sayuran dikenal karena kaya antioksidan guna menangkal radikal bebas. Selain itu sayur juga memiliki kadar indeks glikemik yang rendah.

7. Biji Chia

Biji chia kaya akan serat, asam lemak, dan omega 3 yang dapat membantu menstabilkan gula darah dan memberikan rasa kenyang.

8. Probiotik

Satu di antara makanan probiotik, yaitu yogurt yang baik untuk pencernaan dan memiliki fungsi untuk mengontrol kadar gula darah.

9. Kayu Manis

Rempah kayu manis yang disajikan dalam bentuk makanan, dapat menurunkan kadar gula menjadi lebih sehat.

Demikian, makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes melitus sebagaimana disarankan oleh dr Saddam Ismail. (ana/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version