Ilustrasi ciri-ciri terinfeksi HIV terlihat dari kulit, satu di antaranya mengalami kudis.

KORANMANDALA.COM – HIV merupakan penyakit menular seksual yang dapat ditularkan melalui berbagai cara, satu di antaranya hubungan suami istri.

“HIV ini bisa ditularkan jadi harus hati-hati, HIV disebabkan virus human imunodefisiensi, virus itu menyebabkan terkena HIV,” ujar dr Saddam Ismail.

Disebutkan bahwa gejala HIV pada tahap awal sama seperti demam pada umumnya. Namun, ada ciri-ciri pada kulit yang bisa diperhatikan.

Dilansir Koran Mandala dari kanal YouTube dr Saddam Ismail, pakar kesehatan itu menjelaskan ciri-ciri penyakit HIV terlihat dari kulit, sebagai berikut.

Baca juga: Jangan Langsung Dibuang! Ternyata Biji Alpukat Bisa Sehatkan Jantung dan Kulit? Ini Sederet Manfaatnya

1. Kutil Kelamin

Penderita HIV mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, membuatnya rentan terinfeksi HPV (Human Papillomavirus).

“Kutil kelamin ini tidak berbahaya tapi bisa meningkatkan resiko pada penderita, nanti kanker,” ujar dr Saddam Ismail.

2. Ruam

Ruam HIV yang rasanya gatal parah muncul sekitar dua hingga empat Minggu setelah terinfeksi virus. Biasanya dimulai dari dada, punggung, dan perut.

Baca juga: 7 Efek Samping Minum Alkohol Terhadap Kesehatan Tubuh, Ini Bahayanya Menurut dr Saddam Ismail

3. Kudis

Bagi penderita HIV, kudis ini selalu muncul di sela-sela jari, perut bawah, dan kaki. Selain gatal, kulit sekitarnya mengalami pengeringan berbentuk kerak.

4. Folikulitis Eosinofilik

Folikel rambut dapat terinfeksi oleh bakteri yang dapat menyebabkan eosinofilik, benjolan keras ini nantinya akan terasa gatal dan mengganggu.

5. Prurigo Nodularis

“Munculnya benjolan yang keras, disertai dengan rasa gatal, muncul di bagian leher, bahu, maupun lengan, bagian kaki,” ujar dr Saddam Ismail.

Baca juga: Hati-hati! Karang Gigi Tidak Dapat Disepelekan karena Efeknya Mampu Menyebabkan Masalah Serius

6. Foto Dermatitis

Penderita HIV cenderung sensitif terhadap sinar matahari yang menyebabkan kulit menjadi merah dan iritasi akibat foto dermatitis.

Itulah tadi penjelasan dr Saddam Ismail tentang ciri-ciri seseorang terinfeksi HIV melalui kulit. Semoga bermanfaat dan tetap selalu waspada terhadap penyakit HIV. (*)

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version