KORANMANDALA.COM – Hidung tersumbat kerap dialami oleh sebagian orang. Meski bukan penyakit parah, tapi hal ini bisa mengganggu aktivitas.

Satu diantaranya adalah pernapasan terganggu, berbicara sulit, dan susah tidur.

Kali ini dr Saddam Ismail memberikan tips cara mengatasi hidung tersumbat secara alami tanpa harus datang ke klinik.

Informasi tersebut dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail dengan judul Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Mudah di Rumah.

Baca juga: Jerawat Beruntus Bikin Bete! Kenali Beberapa Faktor Penyebabnya

1. Larutan NaCL

Larut garam fisiologis atau senyawa NaCL digunakan untuk mencuci hidung, fungsinya untuk membersihkan lendir. Larutan ini bisa Anda beli di apotek.

2. Mandi Air Hangat

Baca juga: Ini Penyebab Jerawat Bruntusan Pada Wajah, Nomor 2 Sering Disepelekan, Pejuang Glow Up Wajib Tahu!

Mandi menggunakan air hangat atau berendam dalam selama 10 hingga 15 menit dapat mengobati hidung tersumbat. Tapi, jangan terlalu panas, ya.

3. Kunyah Bawang Putih

Bawang putih mentah mengandung senyawa allicin bersifat antibiotik alami. Mengunyah secara teratur dapat membersihkan saluran hidung.

Baca juga: Ayam Goreng Bawang Putih, Enak dan Wangi, Persembahan Wilyman Kitchen

4. Suasana Ruangan Nyaman

Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin, terutama pengguna AC. Suhu terlalu dingin dapat membuat udara kering dan memicu hidung tersumbat.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas dapat membuat tubuh berkeringat dan membuka saluran hidung. Namun, konsumsi secara bijak jika Anda memiliki masalah lambung.

6. Hirup Uap Air Hangat

Hirup uap atau air hangat bisa melembabkan saluran hidung dan meredakan hidung tersumbat. Caranya panaskan air hingga mengeluarkan uap, lalu hirup.

7. Minum Air Hangat

Minum air hangat dapat melunakkan lendir dan mengurangi penyumbatan pada hidung. Hindari minum air es selama hidung tersumbat.

8. Konsumsi Obat

Jika kondisi tak kunjung membaik menggunakan metode alami. Anda dapat mengonsumsi obat bebas yang ringan dosis, seperti CTM.

Pastikan untuk mengikuti dosis yang dianjurkan dan hindari aktivitas berbahaya seperti mengemudi. Sebab obat ini bisa membuat Anda mengantuk.

Cara-cara yang disebutkan di atas adalah upaya mengatasi hidung tersumbat secara alami maupun obat sebagaimana diungkap dr Saddam Ismail. (ana/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version