KORANMANDALA.COM – Banyak yang mengatakan bahwa sebelum melakukan kegiatan olahraga sangat dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Jika tidak melakukannya akan mengalami beberapa risiko cedera saat olahraga, pemanasan juga dapat meningkatkan performa olahraga.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, sesuai dengan namanya gerakan pemanasan mampu meningkatkan suhu pada tubuh sebelum berolahraga.

Hal tersebut juga membantu mempersiapkan tubuh atau membuat tubuh menyesuaikan dengan kegiatan olahraga yang akan dilakukan.

Baca juga: Loker Bandung Untuk SMA dan SMK Sederajat, Posisi Sales Taking Order Langsung Inverview, Ini Syarat dan Keuntungannya

Sehingga, pemanasan memiliki manfaat untuk membuat tubuh tidak kaget saat melakukan gerakan olahraga.

Gerakan pemanasan ini dapat mempercepat detak jantung dan pernapasan, sehingga aliran darah memiliki nutrisi dan oksigen dapat mengalir lancar menuju otot-otot.

Perlu diketahui juga sesi pemanasan sebelum melakukan olahraga cukup membutuhkan durasi 5 hingga 10 menit saja.

Baca juga: HP Nokia C32 Cocok untuk Anak Sekolah Harga Rp2 Jutaan, Cek Spesifikasi di Sini

Apakah benar tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga mampu menyebabkan cedera otot?

Umumnya cedera otot dapat terjadi ketika otot mendapatkan terlalu banyak tekanan, dan biasanya saat diregangkan di bawah tekanan, seperti saat menurunkan beban berat.

Kurang atau tidaknya melakukan gerakan pemanasan sebelum olahraga ternyata mengakibatkan sedikitnya aliran darah menuju ke otot.

Baca juga: Anies Baswedan Tiba-tiba Singgung 10 Lulusan Terbaik dan Jadi MC, Sindir Ganjar Pranowo?

Sehingga, otot kurang siap saat menyediakan energi yang nantinya akan digunakan untuk melakukan berbagai gerakan olahraga.

Untuk itu, gerakan pemanasan ini dinilai sangat penting bagi Anda yang akan melakukan kegiatan olahraga apapun. (roy/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version