KORANMANDALA.COM – Bau mulut bukan masalah serius, tapi mempengaruhi rasa percaya diri, terutama saat komunikasi dengan orang lain.

Tenang saja, dr Saddam Ismail memberi tips mudah mengatasi bau mulut, satu diantaranya dengan membersihkan lidah secara teratur.

Dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail, berikut tips mengatasi bau mulut baik secara alami maupun obat, diantaranya.

1. Konsultasi

Penting untuk rutin memeriksa kesehatan gigi ke dokter setidaknya enam bulan sekali untuk mengidentifikasi masalah mulut dan saran perawatan diperlukan.

Baca Juga: 4 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan, No 3, Meningkatkan Daya Ingat

2. Membersihkan Lidah

Lidah menjadi tempat berkumpul bakteri dan plak. Oleh karena itu, rutin membersihkan lidah setiap kali sikat gigi dapat mengatasi bau mulut.

3. Kunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat merangsang produksi liur yang membersihkan mulut dari sisa makanan. Pilih permen karet tanpa gula atau pemanis buatan.

4. Sikat Gigi Secara Rutin

Pastikan untuk gosok gigi teratur dua kali sehari, pagi dan malam guna menghilangkan sisa makanan dan bakteri.

Baca Juga: Tak Hanya pada Orang Dewasa, Glaukoma Juga Bisa Dialami Anak-Anak, Kenali Gejala dan Penyebabnya

5. Minum Air Secukupnya

Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan mulut kering, idealnya sarang bakteri yang menjadi pemicu bau mulut.

6. Gunakan Obat Kumur

Seusai menyikat gigi, disarankan pakai obat kumur untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Pastikan untuk tidak menggunakan kandungan alkohol.

7. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi menjadi alternatif efektif untuk membersihkan sela gigi yang sulit dijangkau. Sisa makanan tertinggal di gigi bisa menyebabkan bau mulut.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version