KORANMANDALA.COM – Biasanya, seseorang berusia di atas 45 tahun, ternyata lebih berisiko untuk terkena kolesterol tinggi.

Pasalnya, usia 45 tahun ke atas bakal menurunkan fungsi dan metabolisme tubuh seiring waktu. Jadi kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) lebih tinggi pada orang tua daripada anak muda.

Namun, kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang yang berusia tua saja, melainkan orang dengan pola hidup buruk juga tidak menutup kemungkinan bisa terjangkit itu.

Misalkan, orang yang tidak memikirkan makanan dan minuman yang masuk k edalam tubuhnya, seperti terlalu banyak memakan makanan berlemak.

Baca Juga: Waspada! Ini Gejala Panik Attack, Bisa Picu Serangan Jantung

Sehingga, banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kolesterol tinggi. Akibatnya, pengidapnya akan mengalami komplikasi.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, ternyata ada penyebab lain yang dapat memicu kolesterol tinggi, yakni malas gerak.

Hal tersebut lantaran lemak akan terus mengendap pada dalam tubuh dan memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas.

Baca Juga: Manfaat Vitamin A untuk Kesehatan Paru-Paru, Cocok bagi Ibu Hamil

Untuk itu, sangat penting untuk membiasakan berolahraga karena dengan olahraga mampu membakar lemak jahat menjadi keringat, urine, dan karbon dioksida.

Bukan hanya itu saja, olahraga juga akan membantu memecahkan kolesterol jahat dalam tubuh menjadi kolesterol baik.(roi/fam)

Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version