KORANMANDALA.COM – Pembuluh darah yang sehat adalah salah satu kunci penting bagi kesehatan kita. Pembuluh darah yang bersih dan lancar dapat membantu mencegah berbagai penyakit jantung dan masalah kesehatan serius lainnya. 

Fakta menarik dari pembuluh darah, meski ukurannya kecil, panjangnya bisa mencapai 60.000 mil. Padahal keliling bumi adalah 24,873 mil. 

Oleh sebab itu, panjang dari pembuluh darah itulah penyumbatan atau munculnya flek mungkin saja terjadi. 

Jika sudah begitu, kesehatan tubuh kita akan terganggu. Dikutip Koran Mandala dari YouTube DRV Channel, berikut ini 5 cara alami membersihkan pembuluh darah untuk kesehatan optimal : 

Baca Juga : Chelsea Olivia Alami Pecah Pembuluh Darah Telinga Kiri Karena Diawali Sakit Tenggorokan

  1. Hindari Rokok

Cara pertama untuk membersihkan pembuluh darah adalah dengan menghindari rokok. 

Rokok mengandung zat-zat yang dapat merusak pembuluh darah dan membuatnya menjadi kuncup. 

Kandungan zat berbahaya dalam rokok dapat menyebabkan peradangan kronis dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat menyebabkan pembentukan plak pada pembuluh darah. 

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Apakah Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Bisa Membuat Pembuluh Darah Pecah?

  1. Konsumsi Bahan Alami

Makan bahan-bahan alami seperti bawang putih, kunyit, tomat, dan buah-buahan beri dapat membantu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. 

Bahan-bahan alami ini mengandung antioksidan dan zat anti-peradangan yang dapat membantu membersihkan sisa metabolisme dan radang dalam pembuluh darah Anda. 

  1. Atasi Stres

Stres adalah faktor yang dapat berdampak negatif pada kesehatan pembuluh darah Anda. Stres kronis dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh Anda, yang dapat merusak pembuluh darah. 

Baca Juga : Selain Bahan Masakan, Ketumbar Bisa Jaga Tekanan Darah

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version