KORANMANDALA.COM – Kopi digemari banyak orang. Satu di antaranya mungkinm Anda. Selain memiliki manfaat untuk menghilangkan kantuk, kopi juga dapat menjadi teman saat bepergian.

Namun, bagi orang yang memiliki kondisi tertentu wajib waspada saat mengonsumsi kopi, satu di antaranya penderita hipertensi.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, penderita hipertensi sangat rentan mengalami kenaikan tekanan darah.

Untuk itu, orang yang memiliki kondisi tersebut perlu menjaga tekanan darahnya agar tetap pada angka yang normal.

Baca juga: Profil Direktur Komisaris Utama PT Laman Tekno Digital Edward Hutahaean yang Jadi Tersangka Baru Korupsi BTS 4G, Berikut Sederet Jabatannya

Hal tersebut bertujuan agar komplikasi darah tinggi, seperti serangan jantung atau penyakit jantung lainnya dapat dihindari, terutama hipertensi.

Menjaga tekanan darah agar tetap normal dapat dilakukan dengan berhenti merokok, tidur cukup, rajin olahraga, dan memperhatikan asupan per harinya.

Adapun satu di antara asupan yang perlu diperhatikan bagi penderita hipertensi yakni kopi.

Baca juga: Celine Evangelista Sebut Stefan William Tidak Beri Ucapan Ultah ke Anak: Menurut Aku Keterlaluan!

Dikutip dari Mayo Clinic, kopi memiliki kandungan kafein yang mampu meningkatkan tekanan darah dalam waktu singkat pada orang yang bebas hipertensi.

Hingga kini belum diketahui penyebab pastinya, tapi para ahli kesehatan memiliki pendapat kandungan kafein dapat memblokir hormon yang menjaga pembuluh arteri tetap melebar.

Bukan hanya itu, ada juga yang berpendapat bahwa kandungan kafein dapat memicu kelenjar adrenal untuk melepas lebih banyak hormon adrenalin.

Baca juga: Baru Sampai Garut, Pemprov Jawa Barat Ingin Pembangunan Tol Getaci Diakselerasi

Dengan adanya respon tersebut maka efeknya dapat membuat tekanan darah meningkat.

Namun, dokter juga pasti tidak akan mengizinkan minum kopi jika memiliki tekanan darah yang tidak stabil, atau ada masalah kesehatan lain yang berpengaruh pada asupan sehari-hari. (roi/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version