KORANMANDALA.COM – Stres satu di antara respons tubuh yang muncul karena terlalu banyaknya tekanan, di antaranya seperti beragam situasi atau peristiwa dalam hidup.

Biasanya, hal tersebut juga dapat terjadi karena dipicu oleh peristiwa baru yang tidak terduga dan dapat mengancam diri atau membuat Anda berada di situasi sulit.

Dampak stres juga bukan hanya memengaruhi kondisi mental, tapi mampu mempengaruhi fisik juga, seperti berat badan yang turun dengan sendirinya.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, stres sebenarnya cara tubuh untuk melindungi diri. Contohnya, saat berada berada di situasi berbahaya stres akan memberikan sinyal pada tubuh untuk siap menghadapi ancaman.

Baca Juga: Esensi Waktu Subuh melalui Surat At Takwir Ayat 18, Petik Hikmah dari Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Berikut Ini

Hal tersebut dapat membuat denyut nadi dan napas menjadi lebih cepat, otot menjadi tegang, serta otak dapat menggunakan lebih banyak oksigen.

Pada situasi tersebut tidak dapat mengancam jiwa, tapi stres dapat memberikan seseorang motivasi untuk bersiap menghadapi situasi pemicunya.

Misalnya, dapat membuat seseorang lebih giat belajar sebelum menghadapi ujian sekolah atau yang lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Atasi Daki pada Kulit, Bikin Anda Percaya Diri Lagi!

Stres sangat wajar dan bisa dialami bagi semua orang. Bukan hanya itu saja, jenis stres dan pemicunya juga bermacam-macam.

Beberapa pemicu stres dapat terjadi satu kali dalam jangka pendek, dan bisa juga terjadi berulang kali dalam waktu yang lama.

Jika stres tersebut terus muncul dan dibiarkan saja, maka hal ini dapat memicu dampak terhadap kondisi mental dan fisik.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version