Fungsi kandungan xanthan gum di setiap produk kecantikan. – Fungsi kandungan xanthan gum di setiap produk kecantikan.

KORANMANDALA.COM – Tidak semua orang mengetahui kalau  kosmetik atau peralatan  kecantikan seperti losion, krim, masker dan shampo  mengandung bahan bernama xanthan gum.

Dari beberapa informasi yang dihimpun, Xanthan gum  merupakan jenis polisakarida yang diperoleh dari fermentasi gula oleh bakteri xanthomonas campestris. 

Polisakarida dalam Xanthan gum itu sendiri adalah jenis karbohidrat kompleks yang terdiri dari banyak unit gula (monosakarida) yang saling terhubung membentuk rantai panjang. 

Polisakarida biasanya terdapat pada tumbuhan dan hewan sebagai bahan penyimpanan energi atau sebagai struktur pendukung sehingga sangat dibutuhkan xanthan gum.

Beberapa contoh polisakarida yang umum adalah selulosa, amilum, glikogen, kitin, dan pektin. 

Selulosa adalah polisakarida yang terdapat pada dinding sel tumbuhan dan berperan dalam memberikan kekuatan dan struktur pada tumbuhan. 

Amilum dan glikogen adalah polisakarida yang terdapat pada tumbuhan dan hewan sebagai bahan penyimpanan energi.

Xanthan gum biasanya digunakan sebagai bahan pengental, pengemulsi, dan stabilisator pada produk makanan, minuman, dan kecantikan.

Xanthan gum terbentuk dari campuran gula-gula sederhana seperti glukosa, sukrosa, dan laktosa, yang difermentasi oleh bakteri Xanthomonas campestris dalam suatu proses yang disebut biosintesis. 

Proses fermentasi ini menghasilkan polisakarida berantai panjang yang mempunyai kemampuan untuk membentuk struktur mirip jaringan atau gelatin.

Xanthan gum sering digunakan dalam industri makanan dan minuman sebagai bahan pengental alami yang aman dan mudah dihasilkan. 

Xanthan gum juga sering digunakan dalam produk perawatan kecantikan seperti losion, krim, dan shampo untuk memberikan tekstur yang lembut dan konsistensi yang stabil.

Kandungan xanthan gum dalam produk perawatan kulit biasanya digunakan sebagai bahan pengental dan stabilisator yang membantu menjaga konsistensi dan stabilitas produk.

Selain itu, xanthan gum juga memiliki sifat yang dapat melembapkan dan menenangkan kulit. 

Hal ini membuat xanthan gum sangat cocok digunakan dalam produk perawatan kulit untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Xanthan gum juga memiliki sifat yang dapat membantu meratakan tekstur kulit.

Sehingga produk perawatan kulit yang mengandung xanthan gum dapat membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan.

Namun, sebagaimana halnya dengan bahan aktif lainnya dalam produk perawatan kulit, individu yang memiliki kulit sensitif atau cenderung mengalami iritasi kulit mungkin perlu berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung xanthan gum. 

Penting untuk membaca label produk dan berkonsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan jika Anda memiliki kekhawatiran tentang penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung xanthan gum.

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version