KORANMANDALA.COM – Pernahkah Anda mendengar tentang alergi susu sapi? Ternyata alergi satu ini bukan terjadi pada anak-anak saja, tapi kondisi ini dapat dialami orang dewasa juga.

Dengan kata lain, alergi susu sangat umum dialami oleh semua usia. Hal tersebut disebabkan oleh protein susu sapi sebagai zat asing yang masuk ke tubuh.

Sehingga, tubuh akan merespons dan melawan protein yang masuk tersebut, sama halnya juga tubuh menganggapnya seperti bakteri dan virus.

Ketika hal ini terjadi, sistem kekebalan yang dimiliki tubuh akan memicu antibodi imunoglobulin E (IgE) untuk dapat menetralkan protein (alergen) yang masuk ke tubuh.

Baca juga: Sakit Punggung Setelah Makan? Waspada Infeksi Ginjal, Cek Penyebab Lainnya di Sini!

Dilansir dari Mayo Clinic, terdapat dua protein yang dimiliki susu sapi yang dapat menjadi pemicu kondisi tersebut, di antaranya kasein dan whey.

Protein kasein terdapat pada susu sapi yang mengental, sedangkan whey terdapat pada bagian cair susu yang tersisa setelah susu mengental.

Lalu, apa saja yang menjadi faktor risiko alergi susu sapi?

Baca juga: Guru Besar UPI Sebut Keputusan MK Melebihi kewenangan

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko alergi susu sapi pada anak atau orang dewasa, berikut di antaranya:

– Alergi terhadap hal lain

– Memiliki dermatitis atopik, yakni kelainan kulit yang kronis atau menahun, seperti gatal-gatal dan kemerahan pada bagian tubuh

Baca juga: Kementerian ESDM Bagikan Rice Cooker Gratis bagi Masyarakat, Pemprov Jawa Barat Tidak Terlibat

– Faktor genetik atau riwayat alergi dalam keluarga, terutama pada orang tuanya

– Lebih sering terjadi pada bayi dan balita

Alergi susu sapi yang dialami bayi dan balita dapat dialami karena sistem pencernaan yang dimilikinya masih berkembang.

Namun, setelah sistem pencernaan anak berkembang dan menjadi matang, maka sistem pencernaan tersebut mulai beradaptasi dengan protein pada susu sapi.

Perlu diingat juga, bagi orang yang memiliki alergi pada susu sapi tidak disarankan untuk mengonsumsi susu sapi atau produk olahannya, seperti mentega, keju, yoghurt, es krim, puding, coklat, krim, susu bubuk, dan nougat.

Bukan hanya itu saja, orang yang memiliki alergi susu sapi juga perlu waspada pada produk yang mengandung kasein atau whey pada komposisinya. (roy/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version