KORANMANDALA.COM – Apakah Anda tahu masalah kulit mata ikan? Kondisi ini beupa benjolan mirip kutil atau kapalan yang biasa muncul pada telapak atau jari kaki.

Masalah kulit ini dapat disebabkan oleh tekanan dan infeksi pada kaki. Selain itu, kebiasaan tertentu juga dapat meningkatkan risiko terbentuknya mata ikan.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, mata ikan biasanya muncul di telapak kaki ini ternyata bukan masalah kesehatan yang serius.

Tapi, masalah kuli satu ini dapat menyebabkan rasa yang sangat tidak nyaman dan nyeri serta dapat menghambat aktivitas.

Baca Juga: Waspada! Sederet Kesalahan Saat Menambah Berat Badan, Awas Picu Masalah Serius

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab dari masalah kulit seperti mata ikan ini?

Masalah kulit seperti mata ikan terjadi oleh beberapa penyebab, di antaranya sebagai berikut:

1. Infeksi Human papillomavirus (HPV)

Human papillomavirus (HPV) dikenal sebagai virus yang mampu menyebabkan penyakit kelamin, tetapi virus tersebut juga mampu menginfeksi bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Mata Panda Secara Alami dan Efektif Sesuai Anjuran dr Saddam Ismail

Penularan virus satu ini dapat terjadi melalui sentuhan antar kulit dengan orang yang terinfeksi, lalu virus akan masuk melalui luka yang terbuka.

Bukan hanya itu saja, seseorang juga dapat tertular HPV saat menggunakan sepatu, kaos kaki, atau bahan pakaian lainnya yang sudah orang terinfeksi virus ini.

Setelah berhasil masuk ke dalam tubuh, biasanya virus akan mulai berkembang dan merangsang pertumbuhan sel kulit dengan cepat.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version