KORANMANDALA.COM – Sebagian orang pasti pernah mengeluhkan bahwa rambutnya memiliki bau yang apek. Kondisi yang cukup umum ini dapat terjadi karena tidak menjaga kebersihan rambut dengan benar.

Pada dasarnya, rambut yang memiliki bau apek atau bau tidak sedap, dapat disebabkan oleh beberapa alasan yang membuatnya memiliki kondisi itu.

Adapun satu di antara penyebabnya yakni karena minyak yang menumpuk atau sebum di kulit kepala atau disebabkan oleh bakteri.

Maka dari itu, berikut beberapa beberapa aspek rambut apek seperti dikutip Koran Mandala dari Hello Sehat.

Baca Juga: Gejala dan Cara Atasi Rambut Kering

1. Bakteri dan Jamur

Saat produksi minyak atau sebum yang berlebihan di kulit kepala ternyata dapat meningkatkan bakteri dan jamur.

Bakteri dan jamur ini kemudian akan bercampur dengan keringat dan minyak pada kulit kepala, sehingga menyebabkan bau tidak sedap atau apek.

2. Produksi Keringat Terlalu Berlebihan

Produksi keringat yang berlebihan juga dapat menyebabkan rambut memiliki bau yang tidak sedap, dan meningkatnya produksi keringat juga dipengaruhi cuaca dan pengaruh hormon.

Baca Juga: Tak Perlu ke Salon! 10 Makanan yang Bikin Rambut Sehat Berkilau, Kata dr Saddam Ismail

Dikuntip dari American Society for Microbiology, umumnya keringat tidak memiliki bau, tapi keringat akan memiliki bau yang tidak sedap saat bercampur dengan bakteri atau mikroorganisme pada kulit.

3. Rambut Kotor

Keramas secara rutin ternyata cukup penting untuk menghilangkan kotoran atau minyak berlebih pada kulit kepala serta sisa sampo atau perawatan rambut lain.

Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan secara rutin, maka semua itu akan menumpuk di kulit kepala, sehingga membuat kulit kepala berbau tidak sedap.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version