KORANMANDALA.COM – Kulit kering merupakan kulit yang tidak memiliki cukup kelembaban untuk menjaganya tetap terasa lembut.

Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit yang kasar dapat mengelupas, pecah-pecah dan bersisik. Namun, jika sudah kondisi parah saat menggaruk, kulit kering dapat menyebabkan luka.

Pada umumnya, kulit kering tidak berbahaya, hanya saja menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri.

Berbagai macam penyebab seperti mandi terlalu lama, paparan sinar matahari hingga perawatan kulit yang kurang tepat.

Baca Juga: Bukan Cuma Bikin Kulit Glowing! Biji Buah Alpukat Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ini Sederet Manfaatnya

Anda harus tahu, merawat kulit kering untuk mengembalikkan kelembapan kulit yang harus coba dilakukan seperti yang dilansir dari  Alodokter dan Cleveland Clinic berikut ini.

1. Menggunakan pelembab

Pelembab merupakan bentuk perawatan utama untuk jenis kulit kering. Pelembab berfungsi membantu mencegah pecah-pecah dan berfungsi menciptakan kembali perlindungan kulit Anda kembali.

2. Hindari mandi dengan air panas

Mandi dengan air hangat memang dapat memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Karena, air hangat dapat menghilangkan minyak alami dari tubuh.

Baca Juga: Tak Hanya sebagai Minuman, Ternyata Kopi Juga Bermanfaat sebagai Bahan Perawatan Rambut, Simak Ulasannya!

Namun, Anda dapat membatasi mandi dengan air hangat sekitar 5-10 menit saja. Seusai mandi keringkan tubuh menggunakan handuk berbahan lembut dan tidak menggosok handuk terlalu keras.

3. Eksfoliasi

Hal ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi cukup sekali dalam seminggu.

Terlalu sering eksfoliasi dapat membuat kulit iritasi. Oleh karenanya, hindari eksfoliasi dengan jenis scrub yang kasar.

Adapun cara mencegah kulit kering yang bisa Anda coba lakukan di rumah.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version