KORANMANDALA.COM – Bagi orang-orang pengidap penyakit diabetes tentunya perlu memperhatikan makanan sehari-harinya.

Jika memakan makanan sembarangan justru akan membuat penyakit diabetes semakin parah. Untuk itu, orang pengidap diabetes perlu memilih makanan yang baik.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes yakni makanan yang dapat menstabilkan gula darah sehingga membuat penderitanya dapat hidup sehat.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, semua makanan dan minuman yang dimakan sehari-hari umumnya memiliki pengaruh pada kadar gula darah dalam tubuhnya.

Baca Juga: Aduh, Beberapa Anggota dari Kelompok Ini Terjungkal saat Hendak Menari, Warganet: yang Depan Tetep Santuy

Selain menghindari beberapa makanan yang mengandung gula tinggi, orang yang menderita diabetes juga perlu memilih asupan yang baik setiap harinya.

Biasanya orang yang menderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi makanan yang di dalamnya terdapat indeks glikemik rendah.

Indek glikemik atau IG yakni ukuran untuk menunjukkan seberapa cepat makanan tersebut meningkatkan gula darah pada tubuh.

Baca Juga: Jaring Aspirasi Masyarakat, Bupati Indramayu Ngantor di Kecamatan

Biasanya makanan dengan indeks glikemik rendah, artinya makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk dapat diproses menjadi glukosa dalam tubuh.

Dengan adanya makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dalam daftar menu makanan sehari-hari dapat membuat gula darah akan cenderung relatif stabil.

Adapun beberapa makanan yang mampu menurunkan gula darah yang terdapat indeks glikemik rendah untuk penderita diabetes, di antaranya sebagai berikut:

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version