KORANMANDALA.COM – Protein termasuk sebagai zat gizi makro yang sangat penting bagi tubuh, sehingga pemenuhan zat ini sangat diperlukan sekali setiap harinya.

Untuk itu, Anda juga sangat perlu untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat dijadikan sebagai sumber protein, baik itu hewani maupun nabati.

Tentunya, ada beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber protein, dan pastinya ternilai sangat baik untuk tubuh.

Dilansir Koran Mandala dari Hello Sehat, protein yakni zat gizi yang sangat diperlukan untuk beberapa hal yakni pertumbuhan, peningkatan massa otot, dan fungsi sel serta organ tubuh.

Baca Juga: Ganggu Penampilan? Inilah 4 Bahan Alami yang Efektif Atasi Kulit Berjerawat

Jika dilihat berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), bagi orang yang berada di umur 17 hingga 60 tahun sangat dianjurkan mengonsumsi protein sekitar 56 sampai 66 gram per harinya.

Tenang saja, untuk mencari makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber protein tidak terlalu sulit karena banyak makanan yang memiliki kandungan gizi ini.

Dua di antara makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber protein yakni makanan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, makanan tersebut yakni tempe dan tahu berikut penjelasannya:

Baca Juga: 3 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental, Pastikan Ketiganya Ada dalam Dirimu!

Tempe

Tentu bagi masyarakat Indonesia sangat tidak asing lagi dengan makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini dan pastinya dikenal memiliki kandungan protein tinggi.

Hal ini karena dalam 100 gram tempe terdapat kandungan kalori yang dapat Anda peroleh dalam tempe sebanyak 20,8 gram.

Bukan hanya protein saja, kandungan yang dimiliki tempe, di antaranya terdapat karbohidrat, serat, serat, kalsium, vitamin B, dan zat besi.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version