KORANMANDALA.COM – Beberapa orang pernah merasakan ruam kulit dan kondisi ini membuat tidak nyaman. Pada saat seseorang mengalaminya, kulit akan terasa gatal.

Adapun ciri lainnya mengenai ruam bisa berupa benjolan, kulit yang mengelupas, bersisik, hingga iritasi.

Ketika ruam muncul, biasanya seseorang akan mengetahuinya dari kondisi kulit yang mulai menggagu dan terasa tidak enak.

Lantas, apa yang harus dilakukan apabila mengalami ruam kulit?

Baca Juga: Pernah Kena Ruam Kulit? Yuk, Kenali Beberapa Jenisnya, Bisa Dialami Anak-Anak atau Orang Dewasa!

Melansir dari Kids Health, jika seseorang terkena ruam kulit, usahakan untuk tidak menggaruknya. Sebab, jika digaruk, ruam akan membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Selain itu, garukan pada ruam akan mengakibatkan kulit mengalami infeksi atau bekas luka. Sehingga, menggaruk bukan hal yang tepat jika Anda terkena kondisi ini.

Anda dapat melalukan kunjungan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Meski semua ruam kulit terlihat sama bagi Anda, dokter atau pakar kesehatan khusus lebih mengetahui bedanya.

Baca Juga: Ibu Hamil Harus Tahu! Ini Beberapa Cara yang Perlu Dilakukan untuk Mengatasi Nyeri saat Melahirkan

Setelah mengetahui jenis ruam yang Anda alami, maka dokter kulit akan memilih pengobatan terbaik untuk menyembuhkan ruam Anda.

Apabila jenis ruam yang Anda alami berupa eksim, dokter berkemungkinan akan menyarankan pelembab khusus yang disebut emolien.

Emolien merupakan bahan pelembab yangmampu menahan air di kulit, menjaganya tetap lembut dan halus sekaligus meredakan rasa gatal akibat iritasi.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version