KORANMANDALA.COM – Asam lambung terjadi saat tingginya kadar asam dan natrium klorida di dalam lambung kemudian naik melalui kerongkongan.

Jika Anda mengalami asam lambung, tidak perlu panik. Coba pertolongan pertama dengan mengonsumsi tiga bahan alami ini untuk meredakan nyeri.

Bahan yang dimaksud adalah jahe, kunyit, dan madu. Selain itu, cara membuatnya juga praktis dan bisa dibikin di rumah.

Dilansir Koran Mandala dari YouTube dr Saddam Ismail, berikut cara membuat obat herbal sebagai pertolongan pertama untuk meredakan asam lambung.

Baca Juga: Radang Tenggorokan? Gak Perlu Mahal, Ini Obat Herbal yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah ala dr Saddam Ismail

Namun sebelum itu, ada baiknya perkenalan terlebih dahulu mengenai sifat serta kandungan yang ada di dalam jahe, kunyit, dan madu.

1. Jahe

Bahan alami yang dapat meredakan iritasi dan kontraksi lambung untuk mencegah naiknya asam melalui tenggorokan atau kerongkongan.

Hal itu disebabkan oleh kandungan jahe yang memiliki sifat anti radang untuk meredakan peradangan lambung.

Baca Juga: Ladies Wajib Tahu! Ada 4 Makanan yang Dapat Memperlancar Siklus Menstruasi, Ini Kata dr Saddam Ismail

2. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti radang dan kandungan kurkumin yang dapat mengatasi rasa panas di dada, ulu hati, dan kenaikan asam.

3. Madu

Madu juga memiliki sifat anti radang, anti bakteri, dan antioksidan yang dapat mengatasi rasa panas dan nyeri pada lambung.

Cara Membuat

Pertama, iris satu ruas jahe kemudian masukkan ke dalam air mendidih dengan takaran satu gelas, kemudian saring ke dalam gelas.

1 2
Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version