KORANMANDALA.COM – Demensia adalah istilah umum untuk hilangnya ingatan, bahasa, pemecahan masalah dan kemampuan berpikir lainnya yang cukup parah sehingga mengganggu aktivitas.

Biasanya gangguan ini muncul pada lansia (usia 65 tahun ke atas).

Pada dasarnya demensia adalah bukanlah suatu penyakit melainkan sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi otak.

Dikutip Koran Mandala dari YouTube Alzheimer Indonesia inilah 7 tahapan penyakit Demensia :

Baca Juga : Patut Waspada! Ini 10 Ciri-Ciri Penyakit Diabetes di Usia Muda, Nomor 8 Sering Disepelekan

  1. Normal

Pada tahap ini, kesehatan mental orang dengan Demensia (ODD) masih baik, tanpa masalah ingatan, dan pemeriksaan medis tidak menunjukkan gejala demensia Alzheimer.

  1. Lupa yang Masih Normal

ODD mungkin mengalami kehilangan ingatan sesekali, tetapi masih mampu mengatasi sendiri, misalnya dengan membuat catatan.

  1. Hendaya Kognitif Ringan

Pada tahap ini, terjadi perubahan ringan pada kemampuan mengingat, komunikasi, dan perilaku, terutama emosi. Gejala ini mungkin impermanent, namun sekitar 50-70 persen orang dengan demensia Alzheimer akan mengalami penurunan lebih lanjut dalam waktu 5-6 tahun.

Baca Juga : RS El-Syifa Gelar Simposium Komprehensif Penyakit Dalam di Era Pasca Pandemi

  1. Demensia Alzheimer Ringan

ODD mulai mengalami kesulitan menjalankan aktivitas kompleks dan kehilangan ketertarikan pada aktivitas sosial. Pemeriksaan dokter mungkin menegakkan diagnosis dan memberikan obat untuk memperlambat laju penyakit.

  1. Demensia Alzheimer Derajat Sedang

Kemampuan ODD untuk hidup mandiri menurun, kesulitan dalam menghitung, dan masalah penilaian situasi muncul. ODD menjadi rentan terhadap penipuan dan mengalami bingung, disorientasi, dan lupa.

Baca Juga : Hindari Penyakit Diabetes, Obesitas hingga Jantung dengan Diet Karbo, Inilah 5 Makanan Rendah Karbohidrat Tapi Tinggi Serat

  1. Demensia Alzheimer Derajat Sedang Berat

Fungsi kognitif semakin menurun, emosi dapat meledak-ledak karena kebingungan, dan ODD kehilangan kemampuan mengenali orang di sekitarnya.

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version