KORANMANDALA.COM – Bagi Anda yang sedang menjalani program hamil, dr Saddam Ismail membagikan 8 hal yang harus dihindari agar cepat hamil.

“Setiap orang memiliki perjalanan yang berbeda, dan proses ini membutuhkan waktu,” ujar dr Saddam Ismail dalam YouTube pribadinya.

Dr Saddam Ismail akan memberitahukan 8 hal yang harus dihindari saat program hamil.

Sebagaimana dilansir dari YouTube dr Saddam Ismail, berjudul ‘8 HAL YANG HARUS DIHINDARI JIKA INGIN CEPAT HAMIL‘, menyebutkan.

Baca Juga : 12 Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari Agar Tidak Keguguran, Kata dr Saddam Ismail

8 Pantangan Program Hamil

1. Jangan Merokok

Pantangan utama baik pria maupun wanita adalah merokok. Oleh karena itu, merokok dapat mengurangi kesuburan, meningkatkan risiko kelainan genetik, dan lain-lain.

Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada sel sperma dan sel telur, sehingga mengurangi peluang hamil. Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko kelainan genetik pada janin.

2. Membatasi Kopi dan Kafein

Pecinta kopi perlu membatasi konsumsi kafein. Kandungan kafein yang berlebihan dapat menghambat kesuburan. Hindarilah minuman bersoda dan berenergi.

3. Jangan Minum Alkohol

Alkohol bisa mengganggu kesuburan pria maupun wanita. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko keguguran dan mengganggu kesehatan janin.

4. Mengelola Stres

Stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi dan mengurangi peluang hamil. Oleh karena itu, ibu program hamil harus melakukan kegiatan positif, seperti olahraga, yoga, atau meditasi.

Kegiatan-kegiatan tersebut dapat membantu ibu program hamil untuk mengurangi stres dan meningkatkan peluang hamil.

5. Hindari Konsumsi Ikan

Ikan memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang baik, akan tetapi ikan mengandung merkuri tinggi yang dapat mengganggu kesehatan janin.

6. Waspada Konsumsi Obat

Mengonsumsi obat tertentu, terutama secara terus-menerus, dapat mengganggu kesuburan dan berpotensi membahayakan janin.

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version