KORANMANDALA.COM – Kanker paru paru adalah jenis kanker yang terbentuk di jaringan paru-paru, biasanya di sel-sel yang melapisi saluran udara, dan merupakan penyebab utama kematian akibat kanker baik pada pria maupun wanita.

Dikutip Koran Mandala dari Medlineplus, terdapat dua jenis utama kanker paru-paru, yaitu kanker paru-paru sel kecil dan kanker paru-paru non-sel kecil, dengan yang terakhir lebih umum terjadi.

Faktor-faktor risiko termasuk merokok, perokok pasif, riwayat keluarga dengan kanker paru-paru, paparan bahan berbahaya di tempat kerja, terapi radiasi, paparan radon, infeksi HIV, dan polusi udara.

Baca Juga : Artis Senior Kiki Fatmala Meninggal Dunia

Kanker Paru Paru pada Perokok

Merokok tembakau menyebabkan sekitar 9 dari 10 kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 8 dari 10 kasus kanker paru-paru pada wanita.

Semakin dini Anda mulai merokok, semakin lama Anda merokok, dan semakin banyak rokok yang Anda hisap per hari, semakin besar risiko Anda terkena kanker paru-paru.

Risikonya juga lebih besar jika Anda banyak merokok dan minum alkohol setiap hari atau mengonsumsi suplemen beta karoten.

Baca Juga : Dahsyat, Kurkumin dalam Kunyit Ternyata Bisa Melawan Kanker Prostat, Ini Menurut Penelitian di Amerika

Jika Anda sudah berhenti merokok, risiko Anda akan lebih rendah dibandingkan jika Anda terus merokok. Namun Anda tetap akan memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

Gejala Kanker Paru-Paru

Gejala kanker paru-paru dapat bervariasi, dan dalam beberapa kasus, tidak menunjukkan tanda atau gejala sama sekali.

– Nyeri dada atau ketidaknyamanan

– Batuk yang tidak kunjung hilang atau semakin parah seiring berjalannya waktu

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version