KORANMANDALA.COM – Sholawat merupakan doa yang ditujukan kepada Allah SWT dan untuk disampaikan kepada kekasih Rasulullah SAW.

Perlu diketahui bacaan sholawat sendiri dibagi menjadi dua ada Ma’tsurah yaitu langsung dari Allah dan Gahiru Ma’tsurah yaitu dari sahabat, tabi’in, ulama ataupun orang sholeh.

Nah, sholawat Busyro sendiri adalah termasuk ke dalam golongan sholawat Gahiru Ma’tsurah yang diijasahkan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun.

Makna dari sholawat Busyro ini adalah sebuah doa untuk Rasulullah SAW sang pembawa kabar gembira.

Sholawat ini juga sudah lumayan populer yang dibawakan pelantun sholawat tanah air, seperti Khanifah Hani, Ai Khodijah dan Fayza Rahma.

 

Berikut ini adalah Bacaan Sholawat Busyro Lengkap dengan tulisan Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia:

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

Allahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii’a masya’khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min waumina hadza ilaa yaumil akhiroh.

(Ya Allah berikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad sosok Pembawa Kabar gembira, dengan sholawat yang memberikan kami kabar gembira untuk kami keluarga kami, anak anak kami, dan seluruh masyayikh kami, guru guru kami, murid murid / santri kami, santriwati kami, dari hari ini hingga hari akhir).

Baca juga:

Lirik Lagu Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi, Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia

Lirik Lagu Sholawat Ya Nafsuti, Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia

 

Berikut adalah keutamaan sholawat Busyro:

Dikutip dari berbagai sumber, menjelaskan bahwa sholawat ini adalah berasal dari Rasulullah SAW langsung dan diberikan kepada salah satu Putra Habib Hasan Baharun, melalui mimpinya.

Di dalam mimpinya itu, Rasulullah menyampaikan agar dapat membacanya sebanyak 41 kali setelah sholat shubuh setiap harinya.

Keutamaannya yaitu dapat melancarkan jalannya rezeki, mendapatkan kegembiraan, rasa senang, melancarkan urusan dan mengabulkan seluruh permintaan. (*)

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version