KORANMANDALA.COM – Kurangi kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana tanpa menggunakan obat.

Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain adalah memahami riwayat genetik terkait kolesterol tinggi, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga secara teratur, mengamati label makanan kemasan, menghindari lemak trans.

Serta mengonsumsi sumber lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan, dan makan buah, sayuran, dan kacang-kacangan yang mengandung serat larut.

Cara Kurangi Kolesterol

Dikutip Koran Mandala dari Headline, berikut ini 4 kurangi kolesterol tinggi tanpa obat :

Baca Juga : Pentingnya Pola Hidup Sehat, Inilah 6 Cara Turunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami kata dr Zaidul Akbar

  1. Menjaga berat badan yang sehat dan ideal merupakan langkah sederhana untuk menurunkan risiko kolesterol tinggi, dengan konsultasi ahli gizi untuk mendapatkan panduan diet yang tepat.
  2. Olahraga teratur, seperti jogging, bersepeda, latihan beban, berenang, dan senam yoga, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.
  3. Mengamati label makanan kemasan sebelum dikonsumsi menjadi tindakan preventif dengan menghindari makanan tinggi lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Baca Juga : Bukan Cuma dari Makanan! Ini Penyebab Tidak Terduga Kolesterol Tinggi, Nomor 2 Sering Diremehkan

  1. Hindari lemak trans, yang dapat ditemukan dalam kerupuk, gorengan, dan makanan yang dipanggang, karena dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik.

Selain itu, penting untuk berhenti merokok, karena merokok dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version