KORANMANDALA.COM –  Ketumbar ternyata bukan hanya bermanfaat sebagai penyedap masakan dengan gizi yang baik  saja.

Tanaman hijau ini faktanya memiliki manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Akan tetapi,  manfaat ajaibnya untuk kulit atau kecantikan sering kali diabaikan.

Sebelumnya perlu dijelaskan bahwa ketumbar adalah tanaman hijau umum yang kaya akan asam folat, antioksidan , vitamin C , dan beta- karoten –yang bisa melawan stres  pada kulit dan memperlambat proses penuaan.

Ketumbar juga merupakan sumber zat besi yang kuat, yang meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh dan mencegah anemia. Komponen antijamur dan antimikroba pada daun ketumbar ini bahkan dapat mengobati eksim.

BACA JUGA :  5 Bahan Pelembab Wajah Alami dan Menjaga Kesehatan Kulit secara Keseluruhan, Nomor 1 Mudah Ditemukan

Lalu, apa saja manfaat olahan daun  ketumbar tersebut?

Sebagaimana ditulis sumber  ntdtv.com dengan mengutip keterangan dokter kulit Dr.Deepali Bhardwaj, berikut ini lima manfaat olahan daun ketumbar tersebut untuk kulit.

1.Menunda munculnya kerutan

Menurut pakar, ketumbar bisa menunda munculnya kerutan di wajah dan mengurangi munculnya garis-garis penuaan.

Caranya, parut beberapa lembar ketumbar tumbuk atau parut, kemudian campur dengan lidah buaya. Racikannya kemudian oleh oleskan pada wajah.

BACA JUGA :  Bukan Cuma Bikin Kulit Glowing! Biji Buah Alpukat Bisa Jaga Kesehatan Jantung, Ini Sederet Manfaatnya

2.Meremajakan kulit

Caranya campurkan parutan ketumbar dengan jus lemon, kemudian oleskan pada area yang wajah seperti pada jerawat dan komedo. Ini akan membuat kulit mengelupas dan meremajakan kulit.

3. Kulit bercahaya

Caranya, parut ketumbar, tambahkan susu, madu dan air jeruk lemon lalu oleskan pada wajah, masker ini akan membuat kulit bersinar.

BACA JUGA :  9 Makanan Bikin Kulit Putih, Salah Satunya Biji Bunga Matahari

4. Wajah jadi segar

Caranya, buat masker parutan ketumbar dan campurkan dengan kombinasi masker beras serta yogurt. Kombinasi ini bisa melemaskan kulit wajah, otot dan sel serta membuat wajah segar.

5. Mengisi nutrisi kulit

Caranya buat jus daun ketumbar secukupnya. Jus ini selain bisa dioleskan ke wajah untuk mengatasi ruam, jerawat  serta melawan infeksi jamur dan reaksi alergi pada kulit, juga bisa diminum.

Menurut pakar, penggunaan luar  juga sama efektifnya untuk penggunaan internal. Minumlah segelas jus ketumbar untuk mengisi kembali nutrisi pada kulit Anda.

BACA JUGA :  Sstt, Ini Cara Ampuh Meningkatkan Kolagen, Kulit Auto Glowing Bak Artis Korea!

Itulah manfaat daun ketumbar untuk kulit wajah kita, Selamat mencoba. (ape)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version