KORANMANDALA.COM – Berita mengejutkan datang dari Tiongkok, yang baru-baru ini berhasil menemukan kombinasi baru dari beberapa molekul dalam kehidupan manusia melalui golongan darah yang sangat langka, yaitu golongan darah P. 

Seorang dokter menemukan urutan nukleotida baru dari golongan darah langka,  ini adalah subtipe dari golongan darah P. 

Informasi ini berasal dari sebuah rumah sakit di Taizhou, China Timur, di provinsi Jiangsu, yang melaporkan bahwa golongan darah P ditemukan saat melakukan tes darah rutin pada seseorang.

Dikutip Koran Mandala dari South China Morning Post, sebanyak 12 orang di Tiongkok dilaporkan memiliki golongan darah P, yang merupakan golongan darah langka di negara tersebut. 

Baca Juga : Alasan Orang Jepang Sangat Menghargai Pemilik Golongan Darah AB Menurut Ketsuekigata

Meskipun frekuensinya rendah, sekitar satu dari satu juta, pada bulan Desember, pusat AS menyatakan bahwa urutan nukleotida yang terdeteksi dalam sampel tersebut belum pernah ditemukan di negara manapun di dunia sebelumnya.

Golongan darah P, yang pertama kali ditemukan pada tahun 1927, memiliki lima subtipe tergantung pada antigen di sel darah merah, yaitu P1, P2, P1k, P2k, dan p. P1 dan P2 merupakan subtipe yang paling umum ditemui. 

Cao Guoping, seorang Spesialis Transfusi yang mendeteksi kejadian ini, menyatakan bahwa individu dengan golongan darah ini memiliki kemampuan memberikan transfusi darah kepada sesama jenis golongan darahnya, seperti golongan darah ini yang hanya dapat menerima transfusi dari jenis yang sama. 

Baca Juga : Ganteng Parah! Inilah Profil Mackenyu Arata Pemeran Zoro di One Piece Live Action, Kini Bakal Tampil di Serial Dragon of Wonerhatch

Khususnya, hal ini menjadi relevan dalam situasi seperti kehamilan.

1 2
Sumber: South China Morning Post

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version