KORANMANDALA.COM – Karena memiliki rasa yang menyengat, banyak orang enggan mengkonsumsi bawang putih.

Padahal bawang putih dikenal memiliki banyak khasiat, terutama sebagai antioksidan. Apalagi jika dikonsumsi secara mentah.

Berikut beberapa khasiat jika mengkonsumsi bawang putih secara rutin:

Mengurangi Infeksi, Radang, dan Pilek:
Bawang putih, yang mengandung allicin, memiliki sifat antivirus, antimikroba, dan antijamur. Allicin dapat memerangi bakteri, virus, dan mikroba yang menyebabkan infeksi, radang, dan pilek dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Kanker:
Kandungan sulfur bioaktif dalam bawang putih dapat mencegah pembentukan sel kanker dan membantu memperbaiki atau menghilangkan sel tubuh yang rusak. Hal ini dapat memperlambat penyebaran sel yang berpotensi merugikan bagi tubuh.

Menurunkan Kolesterol:
Penelitian dari Rafsanjan University of Medical Sciences menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dapat meningkatkan kolesterol baik, menghasilkan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh. Disarankan mengonsumsi bawang putih sebanyak 10 gram selama 42 hari untuk efek yang optimal.

Mengendalikan Tekanan Darah:
Polisulfida dalam bawang putih berperan dalam menurunkan tekanan darah dengan cara melegakan dan melonggarkan pembuluh darah, mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Mencegah Penyakit Jantung:
Bawang putih membantu mencegah penumpukan plak pada arteri koroner, pembuluh darah yang memompa darah ke jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh:
Bawang putih mengandung senyawa belerang seperti allicin dan antioksidan, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi dari berbagai penyakit.

Menutrisi Usus:
Kandungan prebiotik dalam bawang putih dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dalam usus, mendukung sistem fisiologis lainnya.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version