KORANMANDALA.COM – Benarkah jalan kaki bisa membuat panjang umur dan sehat?

Selama ini memang masih banyak yang bertanya-tanya soal kebenaran jalan kaki  bisa membuat panjang umur serta sehat.

Intinya, yang bertanya-tanya itu masih meragukan kebenaran manfaat jalan kaki untuk kesehatan, tepatnya untuk memperpanjang umur.

Jadi, benarkah itu semua?

BACA JUGA :  Jalan Kaki 20 Menit Sehari, Manfaatnya Luar Biasa bagi Jantung

Untuk menjawabnya, baiknya kita lihat  hasil penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association (AHA)yang dirilis pada Konferensi Ilmu Epidemiologi, Pencegahan/Gaya Hidup dan Kesehatan Kardiometabolik pada Mei 2021.

Seperti dibaca dari hasil penelitiannya, untuk mengetahui apakah benar jalan kaki bisa membuat panjang umur, para peneliti sengaja melibatkan total 16.732 wanita dengan rata-rata usia 72 tahun .

Para peneliti membagi jumlah langkah yang dilakukan subjek menjadi dua kategori dalam penelitian tersebut.

BACA JUGA :  Ini Hasil Penelitian tentang Kaitan Jalan Kaki dengan Penurunan Risiko Kardiovaskular dan Kematian

Pertama, jalan jauh terus menerus (waktu berjalan ≥10 menit, kecepatan ≥40 langkah/menit) dan kedua, jalan pendek (termasuk pekerjaan rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari, naik turun tangga, atau dalam perjalanan). mobil), bergerak, dan sebagainya).

Hasilnya, setelah 6 tahun masa tindak lanjut, peneliti menemukan bahwa peningkatan jumlah langkah memang terkait dengan risiko kematian yang lebih rendah, baik berjalan dalam jangka waktu lama atau dalam jangka waktu singkat.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version