KORANMANDALA.COM – Ketika sedang menjalani diet sehat, penting untuk memilih sayuran sebagai makanan utama karena mereka memiliki kalori rendah, bahkan beberapa nyaris tidak memiliki kalori.

Berikut adalah beberapa sayuran yang sangat rendah kalori dan cocok untuk diet sehat:

Kubis
Kubis merupakan sayuran sehat yang rendah lemak dan kolesterol. Dalam 100 gram kubis hanya mengandung 21 kalori, membuatnya sangat cocok sebagai pilihan makanan dalam diet.

Selain itu, kubis kaya akan vitamin, mineral, dan serat makanan.

Brokoli
Brokoli, sebagai sayuran hijau dengan kandungan nutrisi yang padat, juga diketahui nyaris tanpa kalori. Dalam 100 gram brokoli hanya mengandung 34 kalori.

Brokoli mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Mentimun
Mentimun yang kaya akan air hanya mengandung sekitar 15 kalori per 100 gramnya. Selain cocok untuk diet, rasanya yang netral dan segar membuat mentimun menjadi sayuran favorit, baik untuk konsumsi langsung maupun sebagai bahan dalam berbagai hidangan.

Wortel
Wortel merupakan sayuran yang direkomendasikan dalam diet sehat. Mengandung sekitar 42 kalori per 100 gram, wortel kaya akan betakaroten yang berperan sebagai antioksidan dan prekursor vitamin A.

Lobak
Lobak, dengan hanya 15 kalori dalam 100 gramnya, adalah sayuran yang umum ditemukan di seluruh dunia. Lobak dapat diolah terutama pada bagian akarnya.

Semakin matang, lobak dapat terasa pedas, tetapi memiliki tekstur yang renyah, elastis, dan sedikit kadar airnya. Salah satu hidangan populer yang menggunakan lobak adalah kimchi.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version