KORANMANDALA.COM – Ginjal sangat berperan dalam menjaga keberlangsungan hidup seseorang. Karena itu, agar ginjal terbebas dari masalah, kita perlu menerapkan pola hidup sehat.

Ginjal berfungsi memproduksi hormon untuk mengontrol tekanan darah hingga menyaring darah dan membuang limbah melalui urine.

Beberapa kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan ginjal diantaranya adalah;

Konsumsi Alkohol Berlebihan:
Mengonsumsi alkohol secara rutin dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis. Alkohol dapat merubah fungsi ginjal dan mempengaruhi tekanan darah, mengganggu kinerja ginjal.

Jika sulit untuk menghentikan konsumsi alkohol, segera mencari bantuan medis untuk mendukung kesehatan ginjal.

Penggunaan Obat Penghilang Rasa Sakit Berlebihan:
Obat pereda nyeri seperti NSAID dan analgesik, jika digunakan secara berlebihan, dapat membahayakan ginjal dan meningkatkan risiko kanker ginjal.

Penting untuk mengonsumsi obat sesuai dosis yang ditentukan atau mencari alternatif yang lebih aman dengan konsultasi dokter.

Kurang Minum Air:
Dehidrasi dapat menghambat kemampuan ginjal untuk membersihkan natrium dan racun dalam tubuh, menyebabkan produksi urine dengan konsentrasi mineral dan limbah yang tinggi.

Minum cukup air membantu mencegah pembentukan kristal di ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.

Konsumsi Garam Berlebih:
Makanan tinggi garam mengandung natrium yang dapat memengaruhi tekanan darah dan, dalam jangka panjang, merugikan fungsi ginjal.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version