KORANMANDALA.COM – Cedera atau masalah pada otot bisa terjadi di seluruh otot pada tubuh, seperti otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis.

Nyeri otot atau myalgia sepertinya pernah dialami oleh semua orang.

Rasa nyerinya sendiri dapat digambarkan, seperti kram, tertarik, atau nyeri saat disentuh. Lantas, bagaimana cara mengatasinya ?

Jika terjadi dalam intensitas yang ringan, nyeri otot bisa diredakan dengan beberapa cara berikut ini:

Menjalani peregangan merupakan langkah awal dalam mengurangi ketidaknyamanan otot. Metode ini dapat dilakukan secara fleksibel di waktu dan tempat yang sesuai. Semakin lentur otot, semakin kecil kemungkinan terjadinya kekakuan yang menyebabkan nyeri otot.

Pijatan memiliki kemampuan untuk merangsang sel-sel di dalam otot, meningkatkan produksi energi, dan mempercepat pemulihan dari rasa nyeri.

Namun, perlu diingat bahwa pijatan sebaiknya tidak dilakukan pada area leher hingga tulang ekor karena berisiko menyebabkan pergeseran tulang atau penjepitan saraf.

Penggunaan kompres dingin dapat mengurangi aliran darah ke area otot yang nyeri, menghentikan peredaran darah yang memicu rasa sakit.

Teknik ini melibatkan pembungkusan es batu dengan kain dan mengompresnya pada area yang terasa nyeri selama 15–20 menit.

Rutin melakukan yoga dan meditasi dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh, mengurangi stres, serta menurunkan risiko obesitas.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version