2. Menerapkan Kebijakan Anti-Bullying

Sosialisasi dan workshop yang siswa terima akan berdampak positif jika sekolah memiliki program dalam menerapkan kebijakan anti-bullying. Misalnya menerapkan kebijakan mengenai upaya atau langkah-langkah bagi pelaku yang melakukan perundungan.

3. Menjalin Pertemanan Baik dengan Teman Sekelas

Banyak korban perundungan merupakan siswa yang pendiam dan mengalami kesulitan dalam sosialisasi. Agar tidak menjadi korban bullying maka jalinlah pertemanan yang baik, khususnya dengan teman sekelas atau seangkatan.

4. Terdapat Program Kegiatan Ekstrakurikuler

Adanya Program kegiatan ekstrakurikuler di sekolah dapat mendukung meningkatkan keterampilan terhadap minat dan bakat siswa. Kegiatan ini akan membuat siswa lebih fokus pada apa yang mereka kembangkan, sehingga mencegah bullying di lingkungan sekolah.

5. Pengawasan dan Pembinaan

Pihak sekolah sebaiknya mengawasi setiap siswa apakah ada yang melakukan perundungan di lingkungan sekolah maupun di luar. Selanjutnya memberikan pembinaan secara rutin sebagai bagian dari program anti-bullying.

Di atas merupakan langkah-langkah untuk mencegah bullying di sekolah. Lingkungan yang aman dari perundungan membuat siswa merasa nyaman dan aman bersekolah. Oleh sebab itu, hindari perundungan dengan kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.

SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan sekolah yang memiliki berbagai program ekstrakurikuler dalam mendukung minat dan bakat. Ekstrakurikuler juga membantu siswa untuk berprestasi dalam bidang non-akademik.

Sekolah swasta yang berlokasi di Bogor ini juga mengadopsi kurikulum nasional dan menggabungkannya dengan pendidikan agama islam. Program pendidikan agama memiliki tujuan dalam menghasilkan generasi berakhlak mulia.

Melalui kegiatan agama, seperti shalat berjamaah, mengaji, hingga diskusi dan kajian keagamaan membantu meningkatkan karakter siswa dalam pendidikan moral. Siswa akan menjadi pribadi yang memiliki sifat toleransi, empati, dan bisa saling menghargai dengan siswa lain.- *** ehr

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version