KORANMANDALA.COM – Bullying di lingkungan sekolah merupakan masalah serius yang dapat berdampak buruk bagi siswa. Tidak hanya mempengaruhi kondisi fisik dan mental korban bullying, tetapi dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak aman dan tidak sehat.

Dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari bullying atau perundungan maka harus ada kerjasama yang baik antara pihak sekolah, guru, orang tua, dan siswa. Semua pihak harus saling saling mendukung untuk mencegah dan mengatasi perundungan.

Cara Mencegah Bullying di Lingkungan Sekolah

Sekolah adalah tempat untuk mengenyam ilmu pengetahuan dan tempat bersosialisasi dengan teman sebaya maupun guru. Akan tetapi, perundungan di sekolah masih banyak terjadi dan kebanyakan korban terguncang secara mental sehingga merasa tidak aman saat di sekolah.

Apalagi masih banyak siswa yang belum memahami jenis jenis bullying. Kebanyakan perundungan terjadi berupa kekerasan fisik, padahal masih banyak jenis perundungan yang harus diwaspadai.

Jenis bullying meliputi perundungan verbal, pelecehan seksual, perundungan terhadap mental atau emosional, hingga cyber bullying. Penting juga untuk memahami perundungan di ranah digital perlu siswa pahami karena mungkin yang awalnya bercanda akan berpengaruh terhadap mental korban.

Agar lingkungan sekolah bebas dari bullying maka perlu pencegahan yang tepat dengan beberapa berikut ini:

1. Pendidikan dan Kesadaran Mengenai Perundungan

Paling utama dalam mencegah perundungan yaitu adanya pendidikan dalam menciptakan kesadaraan mengenai dampak buruk bullying. Ini tentu melibatkan semua pihak, tidak hanya terbatas para siswa saja.

Meningkatkan kesadaran anti bullying bisa dengan melakukan sosialisasi atau workshop. Akan lebih baik jika ada program pemberdayaan siswa dalam mengembangkan keterampilan sosial, empati, dan toleransi.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version